Coach DBL All-Star Indonesia Ikuti Tes Lisensi Pelatih Standar NCAA di Chicago

Senin 22-07-2024,14:13 WIB
Reporter : Salman Muhiddin
Editor : Gunawan Sutanto

CHICAGO, DISWAY.ID - Dalam upaya memperluas pengetahuan dan keterampilan kepelatihan mereka, dua pelatih tim putri Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024, Risdianto Roeslan dan Bisma Sabda Imanissi, mengikuti tes lisensi kepelatihan National Collegiate Athletic Association (NCAA).

Keduanya menjalani proses tersebut sebagai bagian dari persiapan mereka untuk menghadapi Nike Tournament of Champions, turnamen bergengsi yang berlisensi NCAA.

Risdianto Roeslan, pelatih dari SMA Olifant Yogyakarta yang telah sukses memimpin timnya dalam dua musim di DBL Yogyakarta, berbagi pengalamannya mengikuti kursus kepelatihan tersebut.

Menurut Risdianto, proses mendapatkan lisensi NCAA melibatkan berbagai materi, mulai dari teknik melatih yang berdampak positif pada pemain hingga aspek filosofis dalam kepelatihan.

"Kami melalui kursus ini secara online, dan lulus untuk mendapatkan lisensi yang disyaratkan oleh penyelenggara Tournament of Champions," ujar Risdianto dilansir dari DBL.id (Disway National Network).

BACA JUGA:DBL All-Star 2024 Lawan Grit dan Just Play di Nike Tournament of Champions, Mental Juang Semakin Kuat!

BACA JUGA:Evangeline Clarissa Reuni dengan DBL All-Star di Tournament of Champions Amerika

Dalam tes tersebut, Risdianto dan Bisma menghadapi berbagai post test yang mengharuskan mereka untuk menganalisis video dan melakukan brainstorming tentang berbagai topik, termasuk alasan dan tujuan di balik melatih.

"Kursus ini lebih banyak membahas hal-hal filosofis dibandingkan teknik basket. Hal-hal sederhana seperti dampak positif bagi anak-anak adalah yang paling penting," tambahnya.

Aturan ketat dari penyelenggara Tournament of Champions mewajibkan semua pelatih yang terlibat memiliki lisensi pelatih yang sah.


Skuad Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 bersama dengan Listyowati, Konsuler Jendral untuk KJRI di Chicago, pada Jumat, 19 Juli 2024 di McCormic Place Convention Centre.-DBL-

Tanpa lisensi yang valid, pelatih tidak diizinkan untuk berada di bench pemain dan harus membeli tiket penonton. Hal ini menunjukkan komitmen NCAA dalam menjaga kualitas dan standar tinggi dalam setiap kompetisi yang mereka lisensikan.

Tournament of Champions, yang telah digelar sejak 1998, adalah turnamen basket junior perempuan terbesar yang berlisensi NCAA.

BACA JUGA:DBL All-Star Putra 2024 Intensifkan Latihan di Jakarta Jelang Keberangkatan ke AS

BACA JUGA:Magnet Jacob Rumbino: MVP DBL Papua yang Bikin SMA YPK 2 Biak Kebanjiran Siswa

Kategori :