Pemprov DKI Canangkan Pin Polio 2024, Target Cakupan Tinggi dan Merata

Rabu 24-07-2024,06:09 WIB
Reporter : Candra Pratama
Editor : Subroto Dwi Nugroho

JAKARTA, DISWAY.ID -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta resmi mencanangkan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Tahun 2024 untuk anak usia 0-7 tahun pada Selasa, 23 Juli 2024.

Pencanangan tersebut bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2024 yang mengangkat tema, “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.

Plt. Asisten Kesejahteraan Sosial Sekda (Askesra) Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati, mencanangkan PIN Polio 2024 tingkat provinsi di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Pulo Besar, Sunter Jaya, Jakarta Utara, bersama Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim dan Kepala Dinas Kesehatan DKI Ani Ruspitawati.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Tangerang Dr Nurdin Minta Gerakan Masif Skrining Kasus Stunting

BACA JUGA:3.630 Siswa SD dan SMP di Pemkot Tangerang Masuk Program Uji Coba Makan Bergizi Gratis (MBG)

PIN Polio di DKI Jakarta dilaksanakan dalam dua putaran dengan target harian minimal sebanyak 181.930 anak menerima vaksin dua tetes lewat mulut dari total target sebanyak 1.209.303 anak, dengan target masing-masing dosis sebesar 95 persen.

Putaran pertama akan dilaksanakan pada 23 Juli-3 Agustus 2024. Sedangkan kedua akan dilaksanakan pada 6-17 Agustus 2024.

Elly menyampaikan, sasaran sebanyak 1,2 juta anqk lebih yang tersebar di enam wilayah DKI sudah cukup luar biasa.

"Tetapi angka tersebut kalau kita kerjakan bersama-sama jadi ringan. Wali Kota Jakarta Utara tadi sudah menyiapkan strateginya, seperti dilakukan di RPTRA, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), sekolah-sekolah, tempat wisata, dan sebagainya," ujar Elly.

Kemudian kata Elly, ada Sumber Daya Manusia (SDM) dari Dinas Kesehatan yang sudah memetakan pelaksanaan PIN polio di seluruh wilayah Kota Jakarta, sehingga masing-masing target dua putaran itu dapat terpenuhi.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Dr Nurdin Minta SKPD Optimalisasi PAD Kota Tangerang dengan Peningkatan Pelayanan Publik

BACA JUGA:Jembatan Pintu Air 10 di Kota Tangerang Kembali Dibuka, Pj Wali Kota Tangerang: Sementara Skema Lalin Masih Satu Arah

Elly menambahkan, PIN Polio harus menjadi suatu gerakan masyarakat. Karena tingkat penularan penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut sangat tinggi.

Sehingga Pemprov DKI berkomitmen untuk menekan penularan virus polio dengan melibatkan peran serta masyarakat.

"Ini yang kita harus jaga. Meski saat sekarang, Jakarta kasusnya masih nol. Tetapi ini menjadi tanggung jawab kita semua, tidak hanya Pemprov DKI, tetapi juga masyarakat," tuturnya.

Kategori :