Maluku Barat Daya Diguncang Gempa Besar Berkekuatan M6.3, Potensi Tsunami?

Jumat 26-07-2024,06:26 WIB
Reporter : Risto Risanto
Editor : Risto Risanto

JAKARTA, DISWAY.ID - Terjadi gempa besar dengan kekuatan Magnitudo (M) 6,3 yang mengguncang Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku.

Diketahui gempa bumi dengan skala cukup besar itu terjadi pada hari Jumat, 26 Juli 2024.

Menurut laporan BMKG, gempa bumi Maluku Barat Daya terjadi tepatnya pada pukul 03.32 dini hari WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan adanya gempa bumi yang terjadi di wilayah Laut Maluku Barat Daya, tepatnya 121 kilometer dari arah timur laut.

BACA JUGA:Gempa Bumi Guncang Sumur Banten Pagi Ini, Cek Dampaknya

Gempa ini memiliki kedalaman mencapai 157 kilometer. Para ahli mencatat bahwa getaran gempa ini dirasakan dengan skala MMI II - III, dimana getarannya dapat dirasakan nyata di dalam rumah dan terkadang terasa seperti adanya truk besar melintas di Kota Tiakur.

Informasi terbaru yang diumumkan melalui akun media sosial resmi BMKG, @infoBMKG, mengungkapkan bahwa magnitudo gempa ini mencapai 6.3 pada tanggal 26 Juli 2024 pukul 03:32:18 waktu Indonesia Barat.

Episentrum gempa berada di koordinat 7.60 lintang selatan dan 128.71 bujur timur.

Meskipun belum diketahui secara pasti dampak dari gempa ini, BMKG mengimbau agar seluruh warga di sekitar Maluku Barat Daya tetap waspada terhadap potensi gempa susulan yang bisa terjadi.

BACA JUGA:Gempa Bumi Magnitudo 4,4 Guncang Batang Rusak 240 Rumah, BNPB: 13 Orang Luka-luka

Kondisi geografis Indonesia yang rentan terhadap aktivitas seismik membuat pentingnya kewaspadaan dari setiap individu maupun lembaga terkait.

Gempa bumi merupakan fenomena alam yang tidak dapat diprediksi secara akurat, namun dengan adanya sistem peringatan dini yang disediakan oleh BMKG, diharapkan dapat meminimalisir kerugian yang ditimbulkan oleh gempa-gempa yang terjadi.

Kategori :