KPU Sebut 23 Paslon Kepala Daerah Lolos Verifikasi Faktual Pilkada Serentak

Rabu 31-07-2024,14:33 WIB
Reporter : M. Ichsan
Editor : M. Ichsan

JAKARTA, DISWAY.ID-- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan, sudah ada 23 pasangan calon (paslon) kepala daerah dari jalur perseorangan yang lolos verifikasi faktual, dan memenuhi syarat maju Pilkada serentak 2024.

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin, melalui keterangan resmi, usai Rapat Koordinasi Kesiapan Pilkada Serentak 2024 Wilayah Bali Nusa Tenggara di Badung, Bali, Selasa 30 Juli 2024.

BACA JUGA:KPU Kota Tangerang Libatkan Ormas, Kawal Pilkada Serentak yang Berkualitas

BACA JUGA:Demokrat Umumkan Sejumlah Daftar Calon yang Diusung di Pilkada Serentak 2024

“Jadi total status verifikasi faktual yang sudah memenuhi syarat 23 paslon, yang belum memenuhi syarat 62 paslon, dan yang belum selesai (verifikasi faktual) tujuh paslon,” kata Afifuddin dalam keterangannya, Kamis Rabu 31 Juli 2024.

Afifuddin menyebutkan,  awalnya bakal pasangan calon yang sudah membuat akun di sistem informasi pencalonan (Silon) sejumlah 277.

Menurutnya, seiring berjalan proses pemberkasan hingga verifikasi faktual, jumlahnya berkurang, seperti pada jenis pemilihan gubernur dan wakil gubernur dari pendaftar Silon 11 pasangan.

BACA JUGA:Bawaslu Klaim KPU Mampu Gelar Pilkada Serentak 2024

BACA JUGA:Kemendagri Ingin Pelantikan Pemenang Pilkada Serentak Dilakukan Serentak

Kemudian yang lanjut dua pasangan, dimana satu belum memenuhi syarat dan satu lagi belum selesai proses verifikasi.

Untuk pemilihan bupati dan wakil bupati terdapat 210 pasangan yang mendaftar dan mengurus berkas di Silon, namun hanya 74 yang berhasil lanjut ke tahap verifikasi.

“15 memenuhi syarat, 54 belum memenuhi syarat, dan lima belum selesai diproses,” kata  Afifuddin.

“Kemudian yang wali kota dan wakil wali kota ada 56 pendaftar Silon kemudian yang lanjut verifikasi faktual 16 pasangan, memenuhi syaratnya delapan, belum memenuhi syaratnya tujuh, dan belum selesai satu,” ujarnya.

BACA JUGA:KPU Berkomitmen Pemutakhiran Sistem Sirekap untuk Pilkada Serentak 2024

BACA JUGA:Imbas Kasus Hasyim Asy’ari, Istana Pastikan Pilkada Serentak 2024 Tetap Digelar Tepat Waktu

Kategori :