Pimpin Transformasi Listrik Hijau, Dirut PLN Raih The Most Inspiring ESG Corporate Leader

Jumat 02-08-2024,08:45 WIB
Reporter : Reza Permana
Editor : Reza Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo berhasil meraih penghargaan The Most Inspiring ESG Corporate Leader dalam ajang IDX Channel Anugerah ESG 2024 di Jakarta, Kamis 25 Juli malam.

Penghargaan ini diraih Darmawan berkat keberhasilannya memimpin transformasi PLN serta mempercepat langkah transisi energi selama beberapa tahun terakhir.

Tak hanya itu, keberhasilan ini juga diikuti penghargaan anugerah khusus kepada PLN dalam memimpin Transformasi Ekosistem Listrik Hijau dan kategori Model Ekowisata Berbasis Konservasi Penyu untuk PLN Indonesia Power.

Program ekowisata berbasis konservasi penyu ini berlokasi di Pantai Lowita, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Dengan mengedapankan prinsip Environmental, Social and Governance (ESG) PLN Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Barru berhasil menyelamatkan menetaskan 5.000 – 6.000 ekor tukik.

BACA JUGA:PLN Sukses Kerek Penjualan Listrik Semester I 2024, Tumbuh 7.54 Persen!

BACA JUGA:Akomodasi Perkembangan Kebutuhan Listrik, PLN Dukung Kebijakan Pemerintah Lebarkan Golongan Tarif

Deputi Bidang Keuangan dan Manajemen Resiko BUMN Nawal Nely menekankan pentingnya aspek Environmental, Social, and Governance (ESG) sebagai kompetensi inti sebuah perusahaan.

Sehingga, tidak hanya mengedepankan bisnis semata, perusahaan turut bertanggung jawab terhadap keberlanjutan.

"Seperti disebut sebelumnya, ESG merupakan aspek yang menjadi core competency bagi perusahaan yang memiliki visi untuk tidak berjaya sekarang saja, melainkan berjaya di masa depan. Ini adalah anugerah ESG pertama dan merupakan acara yang penting," ujar Nawal.

Direktur Utama IDX Channel Syafril Nasution mengatakan, Anugerah ESG 2024 menjadi sarana mengapresiasi perusahaan yang telah berkomitmen mendukung keberlanjutan.

Syafril berharap penghargaan ini akan mendorong lebih banyak perusahaan untuk mengimplementasikan program ESG.

BACA JUGA:Komitmen Transisi Energi, PLN Raih Anugerah Ekonomi Hijau untuk Infrastruktur EBT Ramah Lingkungan

BACA JUGA:Optimalisasi Sistem Pembangkit, Produksi Listrik PLN Indonesia Power Meroket Capai 84.57 TWh di 2023

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada Bapak Ibu perusahaan yang telah berhasil mendapatkan anugerah ini. Saya berharap terus berlanjut dan lebih penting lagi bisa merangsang dan mendorong kepada perusahaan-perusahaan lain untuk melakukan hal yang sama," kata Syafril.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan, penghargaan yang diraih dirinya dan perseroan tidak lepas dari hasil kerja keras para insan PLN dalam menyukseskan transisi energi di Indonesia.

Kategori :