Wakil Presiden Terpilih Gibran Tegaskan Variasi Menu dalam Program Makan Bergizi Gratis Berbeda Beda

Senin 05-08-2024,15:31 WIB
Reporter : Fajar Ilman
Editor : Fandi Permana

TANGERANG, DISWAY.ID - Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka mendatangi SDN 04 di Jalan Daan Mogot, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang. 

Kedatangannya ini untuk menyaksikan uji coba program Makan Bergizi Gratis yang digagas Presiden dan Wakil Presiden terilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

BACA JUGA:Gibran Uji Coba Makan Siang Gratis di SDN Sentul Bogor, Apa Aja Menunya?

BACA JUGA:Menko PMK Sebut Anggaran Makan Siang Gratis Akan Disesuaikan Tiap Daerah

Dalam kesempatan itu, Gibran menegaskan bahwa program makan bergizi gratis tidak harus selalu menggunakan nasi sebagai menu utama.

Gibran menjelaskan bahwa variasi menu seperti jagung atau mie juga diperbolehkan, tergantung pada kebutuhan nutrisi dan gizi anak-anak di setiap daerah.

"Ya di tiap daerah beda-beda ya menunya ya, mungkin tidak semuanya nasi. Tidak harus setiap hari nasi, mungkin ada mie, ada jagung, tidak apa apa, tidak masalah, asalkan sekali lagi, kebutuhan nutrisi, gizi, setiap hari terpenuhi," katanya kepada wartawan Senin, 5 Agustus.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut nasi jagung bisa menjadi opsi bahan pokok menu dalam program makan siang gratis yang digagas pasangan presiden-wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

BACA JUGA:Respon Kritik Publik Terkait Makan Siang Gratis, Sri Mulyani: APBN Akan Tetap Aman

"Karena memang semestinya program makan siang gratis ini harus memberikan pendidikan generasi tentang diversifikasi pangan," kata Muhadjir, usai panen raya jagung varietas Hibrida 212, di Desa Prayungan, Kecamatan Sawoo, Ponorogo, Jawa Timur, Sabtu.

Menurut dia, karbohidrat tidak hanya ditemukan di beras. Namun banyak sumber makanan yang memiliki karbohidrat dan tidak kalah dengan beras.

"Sebaiknya makan gratis ini harus memberikan pendidikan generasi tentang diversifikasi pangan," katanya pula.

Kategori :