Soal Kelanjutan IKN, Moeldoko Sebut Transisi Jokowi ke Prabowo In Line

Rabu 07-08-2024,07:11 WIB
Reporter : Anisha Aprilia
Editor : Reza Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko memastikan presiden terpilih Prabowo Subianto berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Secara besarannya, mampunya, bahwa transisi ini adalah transisi in line. Itu yang dilihat. Bukan transisi yang disruptive atau distorted. Sehingga (keberlanjutan IKN) tidak perlu dikhawatirkan,” kata Moeldoko di Istana Kepresidenan Jakarta pada Selasa, 6 Agustus 2024.

Lebih lanjut, Moeldoko menjelaskan, pembangunan IKN adalah program yang masuk Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP).

BACA JUGA:La Nina Datang Hitungan Hari, Kepala BMKG: Lemah, Tapi Akan Terjadi!

BACA JUGA:Layanan SIM Keliling Jakarta Hari Ini 7 Agustus 2024, Cek Jadwal dan Lokasinya!

“Pastinya itu sudah masuk dalam RPJP. Hanya besarannya (di APBN 2025) nanti yang pasti disesuaikan, tetapi itu dalam dokumen strategis negara sudah ada. Jadi, bagaimana nanti pasti pemerintahan yang akan datang pasti akan berhitung bagaimana kemampuan APBN,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan Presiden terpilih periode 2024—2029 Prabowo Subianto telah berkomitmen melanjutkan pembangunan Nusantara.

Sedangkan Sri Mulyani mengatakan bahwa keputusan tersebut akan diketahui setelah pembacaan Nota Keuangan pada 16 Agustus 2024.

BACA JUGA:Wow! Penumpang KRL Melonjak Drastis, Tembus 191 Juta Pada Semester I Tahun 2024

BACA JUGA:Wow! Penumpang KRL Melonjak Drastis, Tembus 191 Juta Pada Semester I Tahun 2024

Pasalnya, Hal ini dia sampaikan usai mengikuti rapat terbatas (ratas) bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait Rencana Kerja Pemerintah, Nota Keuangan, dan RAPBN Tahun 2025 di Kantor Presiden, Senin, 5 Agustus 2024.

“Kan APBN-nya sedang disusun. Jadi nanti ya yang untuk beberapa final kebijakan-kebijakan yang substansial baik dari sisi penerimaan negara dan belanja, nanti kami akan tuangkan di dalam nota keuangan. Jadi tolong bersabar sedikit,” ujarnya dalam forum tersebut. 

Kategori :