7 Rekomendasi Film Perjuangan Indonesia Terbaik yang Cocok Ditonton saat HUT RI, Ada Soekarno!

Jumat 09-08-2024,09:40 WIB
Reporter : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

Film ini merupakan hasil garapan dari sutradara Hanung Bramantyo.

Di mana, film Bumi Manusia mengisahkan cerita tentang hubungan asmara Minke dan Annelies yang tumbuh di antara permasalahan sosial serta ketidakadilan di era penjajahan Belanda.

Diperankan oleh Iqbaal Ramadhan dan Mawar De Jongh, film Bumi Manusia berhasil meraih penghargaan dalam kategori Film Terpuji, Penulis Skenario Terpuji, Pemeran Utama Pria Terpuji dalam gelaran Festival Film Bandung tahun 2020.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Drakor yang Tayang Bulan Agustus 2024 Terbaru, Ada Love Next Door hingga Black Out

5. Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015)

Film Tjokroaminoto adalah salah satu film dengan tema perjuangan Indonesia yang rilis pada tahun 2015.

Film yang diperankan oleh Reza Rahadian ini mengisahkan keturunan bangsawan yang memiliki latar belakang keislaman yang kuat.

Tetapi, Tjokroaminoto lebih memilih untuk melepas status bangsawannya dan hidup mandiri bersama sang istri dan juga anak di Surabaya.

Kemudian, di sana ia bertemu dengan seorang tokoh bernama Haji Samanhoedi dan ia diminta untuk memimpin sebuah organisasi Islam.

BACA JUGA:Film Heartbreak Motel yang Dibintangi Laura Basuki Resmi Tayang di Bioskop, Tampilkan Sisi Lain Dibalik Industri Hiburan

Organisasi ini bernama Sarekat Islam yang kerap menentang penjajahan negara Belanda.

6. Kartini (2017)

Selanjutnya, rekomendasi film bertemakan perjuangan Indonesia ada Kartini.

Film ini mengisahkan tentang seorang wanita bernama Kartini yang tengah berjuang untuk dapat menyetarakan semua hak semua orang, baik itu ningrat ataupun bukan.

Terutama, hak agar layak mendapat pendidikan untuk kaum wanita.

Di kala perjuangannya agar bisa mewujudukan kesetaraan tersebut, justru Kartini sedang menghadapi masalah pribadi dan coba untuk dobrak tradisi yang sudah ada turun-temurun.

Kategori :