Amankan Kirab Bendera Pusaka, Polres Jakpus Kerahkan 747 Personel Gabungan

Sabtu 10-08-2024,08:18 WIB
Reporter : Cahyono
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Kepolisian mengerahkan sebanyak 747 personel gabungan guna mengamankan jalannya kirab Bendera Pusaka Merah Putih dan naskah teks proklamasi dari Istana Negara ke Halim Perdana Kusuma sebagai rangkaian persiapan peringatan HUT Ke-79 RI.

Personel tersebut merupakan gabungan dari berbagai unsur untuk mengawal prosesi kirab bendera pusaka dan teks proklamasi yang dibawa menuju Ibu Kota Nusantara (IKN). 

BACA JUGA:Lalu Lintas di Sekitar Istana hingga Halim Ditutup Sementara Imbas Kirab Bendera HUT RI, Simak Rute Alternatifnya

BACA JUGA:Rute Kirab Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi dari Monas ke IKN 10 Agustus 2024, Ada Panggung Hiburan!

"Untuk pengamanan acara kirab bendera pusaka merah putih dan naskah teks proklamasi ini dari Istana ke Halim Perdanakusuma kita melibatkan sejumlah 747 personel gabungan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro di Jakarta, Sabtu 10 Agustus 2024. 

Personel gabungan tersebut dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI dan instansi terkait personel nantinya akan ditempatkan di sejumlah titik sekitar Wilayah Gambir dan Menteng. 

Selain itu, pengamanan juga dilakukan untuk mengantisipasi dengan menyiapkan sejumlah personel untuk melakukan pengamanan dan ketertiban selama kirab berlangsung.

Pengamanan di Wilayah Gambir yakni Istana Negara sebanyak 117 personel, Monas 89 personel, Sapta Pesona 200 personel, dan Silang Monas Barat Daya 103 personel. Lalu pengamanan di Wilayah Menteng yakni Traffic Light (TL) Kebon Sirih 39 personel, TL Sarinah 39 personel, Bundaran HI 121 personel, dan Dukuh Atas 39 personel.

BACA JUGA:Istana Imbau Masyarakat Turut Meriahkan Acara Kirab Bendera Pusaka Merah Putih Besok

Sedangkan penutupan atau pengalihan arus lalu lintas di sekitar bundaran Patung Kuda Monas, Istana Negara, hingga ke Halim Perdanakusuma dan beberapa lokasi lain bersifat situasional.

"Kirab dari Istana Negara sampai Halim Perdanakusuma ini nanti kalau sudah mulai, dari Harmoni, jalan depan Istana juga dialihkan sampai Merdeka Barat terus sampai Patung Kuda, Sarinah, HI pas kirab berlangsung itu dialihkan. Intinya Patung kuda sampai Halim dialihkan, situasional," jelas Susatyo.

Selain itu, Susatyo mengingatkan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan selalu bertindak persuasif, tidak membawa senjata api, dan melakukan pelayanan yang santun dan humanis serta menjaga keamanan dan keselamatan bersama.

Selain itu, warga juga diimbau tetap tertib dalam menyaksikan ataupun terlibat selama kirab bendera agar kirab berlangsung khidmat, aman, nyaman, dan lancar. 

"Makanya kita kerahkan di Jakarta Pusat kekuatannya 747 personel. Warga harap tertib, yang ikut sekitar diperkirakan 35 ribu berjajar dari Monas sampai Halim. Supaya warga tertib menonton jalannya kirab jadi dimohon kerja samanya untuk semua pihak," ucap Susatyo.

Adapun kirab bendera pusaka akan dilakukan mulai dari Jalan Medan Merdeka Barat sisi Timur, Jalan MH Thamrin sisi Timur, Jalan Jenderal Sudirman sisi Timur sampai dengan Simpang Semanggi, Jalan Jenderal Gatot Subroto sisi Utara melalui Flyover Kuningan, Jalan MT Haryono sisi Utara sampai Flyover Pancoran, Jalan Cawang, Jalan Halim Perdanakusuma.

Kategori :