Kirab Bendera: Duplikat Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi Dibawa Pakai Kendaraan Taktis Pindad Maung

Sabtu 10-08-2024,08:34 WIB
Reporter : Candra Pratama
Editor : Subroto Dwi Nugroho

JAKARTA, DISWAY.ID -- Prosesi kirab, duplikat Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi akan dibawa menuju Halim Perdana Kusum menggunakan kendaraan taktis maung buatan pindad.

Hal itu disampaikan oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Sekretariat Presiden, Yusuf Permana saat ditemui di sela-sela acara kirab bendera, Kawasan Monas, pada Sabtu, 10 Agustus 2024.

"Kurang lebih estimasi perjalanan 1 jam 15 menit dengan jarak tempuh kira-kira 14 KM," ujarnya kepada awak media.

BACA JUGA:Lalu Lintas di Sekitar Istana hingga Halim Ditutup Sementara Imbas Kirab Bendera HUT RI, Simak Rute Alternatifnya

BACA JUGA:Pertamina Patra Niaga Sesuaikan Harga BBM Pertamax, Berlaku Pukul 00.00 WIB, Rp13.700 per Liter

Diketahui, Pindad Maung merupakan salah satu inovasi terbaru dalam bidang pertahanan Tanah Air.

Kendaraan taktis tempur itu menjadi bagian integral dari kekuatan militer Indonesia

Yusuf mengatakan, pihaknya sengaja menggunakan kendaraan taktis maung karena bertujuan untuk mengangkat produksi dalam negeri.

Kegiatan itu, kata Yusuf, melibatkan sekitar 180 abang none dari DKI Jakarta, kemudian 122 purna Paskibraka provinsi DKI Jakarta, kemudian melibatkan dari siswa sisiw IPDN maupun politeknik serta Pamong Praja.

"Kirab hari ini dipimpin oleh kasetpres,

Jadi semua dilibatkan termasuk juga kesenian Juga kearifan lokal tentu akan kita angkat untuk mengiringi kirab duplikat bendera sang merah putih dan teks proklamasi," imbuhnya.

BACA JUGA:Faktor Kedekatan Budaya, Perantau Jawa Bakal Mendukung Isran-Hadi di Pilkada Kaltim 2024

BACA JUGA:Anies Tunggu Pernyataan Resmi PKS Soal Isu Tarik Dukungan

Di sisi lain, Yusuf mengungkapkan, bendera merah putih duplikat dan teks proklamsi baru pertama kali keluar dari Jakarta menuju ke Ibu Kota Baru, di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajem, Kalimantan Timur.

Terakhir, dia berpesan kepada seluruh masyarakat Indonesia, untuk mendoakan kegiatan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana harapan kita bersama.

Kategori :