ISPEN 2024 Jadi Wadah Kolaborasi Akademisi dan Pegiat Olahraga, Fokus Isu Terkini dalam Bidang Gizi

Minggu 11-08-2024,12:19 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

BACA JUGA:Pemkot Tangerang Lanjutkan Pembiasaan Makan Bergizi Gratis di Sekolah hingga 3 Bulan

Tidak hanya itu, ISPEN 2024 dapat meningkatkan prestasi olahraga Indonesia dengan memberikan pengetahuan gizi dan latihan fisik yang tepat sebagai panduan dalam meningkatkan energi dan daya tahan bagi atlet.

Peningkatan pengetahuan gizi olahraga yang terjadi pada masyarakat melalui ISPEN 2024 memiliki potensi besar untuk membawa perubahan positif dalam gaya hidup dan kesehatan masyarakat.

ISPEN 2024 terbuka untuk umum dan diharapkan dapat dihadiri oleh 300 peserta yang terdiri dari para akademisi, peneliti, praktisi, pelatih olahraga, atlet, mahasiswa dan masyarakat yang tertarik dengan topik ini. Untuk informasi lebih lanjut, dapat dilihat pada website ispen.id.

Di Indonesia, kesadaran masyarakat akan pentingnya nutrisi dan olahraga juga telah mengalami peningkatan. 

Dua event besar olahraga yang diselenggarakan tahun ini yaitu Olimpiade paris 2024 dan Pekan Olahraga Nasional Indonesia (PON) Aceh-Medan 2024 juga menjadi sorotan yang telah meningkatkan antusiasme masyarakat terhadap olahraga. 

Hal ini sejalan dengan salah satu visi Indonesia berdasarkan Peraturan Presiden No.86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional, yaitu untuk mewujudkan Indonesia bugar, dengan 70 persen masyarakat berpartisipasi aktif berolahraga, sehingga diharapkan 60 persen memiliki tingkat kebugaran jasmani yang baik. 

BACA JUGA:Wiranto Cek Uji Coba Makan Bergizi Gratis di SDN Sukasari 4 & 5 Tangerang, Tekankan Pentingnya Tingkatkan Kecerdasan Bangsa

Olahraga tidak hanya sebagai suatu kegiatan masyarakat, tetapi sudah mencapai tahap industri dan terus berkembang dari tahun ke tahun.

Perkembangan social media juga telah mempengaruhi pengetahuan dan cara pandang masyarakat dalam pencegahan masalah kesehatan melalui pemenuhan kebutuhan gizi dan olahraga.

Program Studi Ilmu Gizi Universitas Esa Unggul merupakan satu-satunya program studi yang memiliki kekhususan dalam bidang gizi olahraga di Indonesia. 

Hal tersebut mendorong prodi Gizi Esa Unggul untuk terlibat aktif dalam perkembangan gizi olahraga di Indonesia. Salah satunya dengan mengadakan seminar internasional yang menghadirkan Ahli Gizi Olahraga Internasional dan Nasional untuk membahas isu global terkini dalam bidang Gizi Olahraga. 

Kategori :