Ini Dia Sosok Pawang Hujan di IKN yang Kendalikan Cuaca Jelang Upacara HUT RI, Bukan Mbak Rara!

Senin 12-08-2024,09:30 WIB
Reporter : Syifa Lulu
Editor : Syifa Lulu

JAKARTA, DISWAY.ID -- Bukan Mbak Rara, sosok pawang hujan yang akan mengendalikan cuaca jelang Upacara HUT RI di IKN adalah pria asal Banyuwangi bernama Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Ilham Triadi Nagoro.

Sebelum Ilham Triadi Nagoro, Mbak Rara merupakan pawang hujan yang cukup populer di Indonesia lantaran kerap bertugas mengendalikan cuaca di acara-acara penting.

Ilham Triadi Nagoro menggantikan Mba Rara untuk mengendalikan cuaca agar tidak turun hujan saat pelaksanaan HUT RI di IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang.

BACA JUGA:Jokowi Bakal Jadi Inspektur Upacara Perayaan HUT ke-79 RI di IKN

BACA JUGA:Cara Daftar Jadi Peserta Upacara 17 Agustus 2024, Jangan Sampai Keliru!

Diketahui, Ilham Triadi Nagoro didatangkan ke IKN lantaran belakangan sering turun hujan sehingga berdampak pada pembangunan Ibu Kota Negara yang terhambat.

Dirinya juga melaporkan sepanjang Minggu, 4 Agustus 2024 langit di Kalimantan Timur, tepatnya di IKN sangat cerah dan panas.

Kondisi ini dilaporkan Ilham Triadi Nagoro setelah 14 hari berada di IKN dan mendapat tugas khusus dari Kementerian PUPR untuk mengondisikan cuaca di lokasi tersebut.

Ilham datang ke IKN dengan berbekal 1.000 batang dupa dan 3 pucuk keris, kehadirannya juga seakan disambut dengan cuaca yang menjadi panas.

Sebelumnya, dikabarkan hujan turun terus-menerus hingga proyek pembangunan di IKN sempat terhambat.

BACA JUGA:Wow, Setneg Sebut Banyak Pihak yang Bersurat Ingin Ikut Upacara HUT RI Ke-79 di IKN

BACA JUGA:Jokowi Kukuhkan 76 Anggota Paskibraka untuk Upacara HUT RI di IKN

Namun setelah pawas hujan asal Banyuwangi itu datang, tidak ada lagi hujan selama 12 hari dan cuaca cenderung panas.

Mendapat Mandat dari Menteri PUPR

Selama bertugas, Ilham mendapat penugasan khusus selama 22 hari oleh Menteri PUPR untuk mengondisikan cuaca agar percepatan pembangunan IKN sesuai target.

Kategori :