Jurusan IPA IPS dan Bahasa Dihapus, Ini Penyesuaian yang Bakal Dihadapi Maba di Kampus

Senin 12-08-2024,10:27 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID – Dihapusnya jurusan di tingkat SMA seperti IPA IPS dan Bahasa, membuat mahasiswa baru harus melakukan beberapa penyesuaian di lingkungan kampus nantinya.

Di IPB University, akan ada penyesuaian atas kebijakan tersebut.

Kebijakan penghapusan jurusan di SMA yang menjadi bagian dari implementasi Kurikulum Merdeka akan disusul dengan prosedur pemilihan mata pelajaran (matpel) pilihan sesuai minat dan bakat untuk mendukung pendidikan lanjutan mereka di masa depan.

BACA JUGA:Kuliah Double Degree di BINUS University Cukup 4,5 Tahun, Ini Jurusan yang Paling Cerah di Masa Depan

Menyinggung kebijakan tersebut, Dr Utami Dyah Syafitri, Direktur Administrasi Pendidikan dan Penerimaan Mahasiswa Baru (APPMB) IPB University, memberikan gambaran mendalam tentang praktik terbaik (best practice) dalam penerimaan mahasiswa baru di IPB University.

Ia juga menyoroti bagaimana perubahan dalam sistem pendidikan dan penerimaan dapat mempengaruhi pengembangan karier siswa di perguruan tinggi.

BACA JUGA:Jokowi: Tak Semua Negara Bisa Miliki Kesempatan Bangun Ibukotanya Mulai dari Nol

Hal tersebut ia sampaikan dalam Webinar Penghapusan Jurusan di SMA/MA terhadap Pengembangan Karier di Perguruan Tinggi, yang diselenggarakan oleh Direktorat SMA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) RI secara daring pada Kamis, (1/8).

Utami menyebut di IPB University, evolusi penerimaan mahasiswa baru sejak 2009 mencakup jalur rapor, jalur tes, dan jalur mandiri.

BACA JUGA:Selamat! Putri Ariani Diterima Jadi Mahasiswa Baru UGM Jurusan Hukum: Bangga Sekali Rasanya

Lebih lanjut ia menjelaskan proses pendidikan di IPB meliputi 44 program studi sarjana (S1), termasuk program studi baru seperti Kecerdasan Buatan, Smart Agriculture, dan Bioinformatika.

Untuk pendidikan vokasi, sebutnya, IPB University juga menawarkan 16 program studi sarjana terapan (D4). Khusus mahasiswa sarjana akan mendapatkan Program Kompetensi Umum (PKU) di tahun pertama.

BACA JUGA:Update Harga Emas Hari Ini Antam dan UBS di Pegadaian, Senin 12 Agustus 2024: Turun!

“IPB University mengikuti jalur pemerintah seperti SNBP, SNBT, dan Afirmasi Dikti, serta menyediakan jalur mandiri yang bervariasi, termasuk jalur Ketua OSIS, Prestasi Internasional Nasional (PIN), Seleksi Mandiri (SM-IPB), Beasiswa Utusan Daerah (BUD), dan Kelas Internasional,” sebutnya.

Dalam presentasinya, Utami mengungkapkan, tahun 2023, IPB University menerapkan machine learning dengan regresi logistic biner untuk memprediksi peluang diterimanya siswa, menggunakan indikator seperti rekam jejak/indeks sekolah, pilihan program studi, peringkat siswa, prestasi, serta nilai rata-rata mata pelajaran MIPA selama lima semester,” terangnya.

Kategori :