PAN Sebut Keputusan Airlangga Mundur dari Golkar Tidak Berpengaruh di KIM

Senin 12-08-2024,19:48 WIB
Reporter : Candra Pratama
Editor : M. Ichsan

JAKARTA, DISWAY.ID-- Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi mengatakan, kondisi Golkar tidak akan berpengaruh terhadap konfigurasi politik di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Hal tersebut dikatakannya, merespon  Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar, Airlangga Hartarto yang mundur dari jabatannya sebagai Ketua Umum Golkar.

BACA JUGA:Video Pengunduruan Diri Airlangga Hartarto Terlihat Tertekan, Begini Kata Hasto PDIP

BACA JUGA:Pasca Mundur dari Ketum Golkar, Kejagung Buka Peluang Kembali Periksa Airlangga dalam Kasus Dugaan Korupsi Minyak Sawit Mentah CPO

"Karena Golkar tetap sebagai sahabat kami," ujarnya saat dihubungi awak media pada Senin, 12 Agustus 2024.

Terlepas dari hal tersebut, Viva Yoga menegaskan, PAN tidak ikut campur dan membatasi diri untuk tidak ikut di dalamnya.

"Persoalan internal Golkar itu adalah masalah rumah tangga Golkar," tuturnya.

Viva mengatakan, pihaknya tetap menjaga sopan santun dan etika dalam urusan politik. Viva juga percaya, bahwa Golkar merupakan partai besar yang dapat mengatasi masalah tersebut.

BACA JUGA:Airlangga Mundur dari Ketum Golkar, Hasto: Sangat Mengejutkan!

BACA JUGA:Gibran-Bahlil Masuk Bursa Calon Ketum Gantikan Airlangga, Jusuf Hamka: Golkar Bukan Partai Karbitan

"Karena itu kita menjaga fatsun politik Golkar sebagai partai besar, punya pengalaman untuk dapat menyelesaikan persoalannya sendiri dan sudah teruji sejarah," tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto resmi mengundurkan diri dari jabatannya di partai berlambang pohon beringin tersebut.

Terkait hal itu, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menjelaskan mundurnya Airlangga Hartanto dari Ketua Umum berdasarkan sejumlah pertimbangan

Menurutnya, salah satu pertimbangannya yaitu demi soliditas partai.

"Dasar pertimbangan pengunduran diri itu Pak Ketum, mempertimbangkan soliditas di dalam jajaran Partai Golkar dan juga menjadi bagian untuk mencoba menciptakan situasi kondusif di dalam masa transisi pemerintah di masa yang akan datang," kata Doli di Kompleks Widya Chandra Jakarta Selatan, Minggu, 11 Agustus 2024.

Kategori :