Ribuan Maba Untar Dibekali Nilai-Nilai Pancasila, Didorong Jadi Agen Perubahan

Kamis 15-08-2024,17:08 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID - Ribuan mahasiswa mengikuti  Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Untar 2024, Rabu 14 Agustus 2024 di Tarumanagara Arena, Kampus I Untar.

Peningkatan kualitas diri menjadi salah satu poin utama yang disampaikan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III Tentara Nasional Indonesia (TNI) Letnan Jenderal (Letjen) TNI Richard Taruli Horja Tampubolon, S.H., M.M. dalam sesi seminar kebangsaan pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Untar 2024, Rabu 14 Agustus 2024 di Tarumanagara Arena, Kampus I Untar.

Mengangkat tema Untar untuk Indonesia dan Dunia: Inovasi Keberlanjutan “Memantik Rasa Ingin Tahu untuk Mendorong Kreativitas”, kegiatan ini diikuti 3.000 mahasiswa baru Program Sarjana dari 8 fakultas di Untar.

BACA JUGA:Meriahkan Hari Gim Indonesia, Nuon Gelar Mabar Gim Paw Rumble

Letjen TNI Richard Tampubolon menekankan bahwa peningkatan kualitas diri dapat menjadikan mahasiswa lebih percaya diri, mandiri, dan bertanggung jawab. Ia mengajak para mahasiswa baru untuk membentuk karakter yang kuat dan tangguh, serta bangga sebagai warga negara Indonesia dengan berpedoman pada Pancasila.

“Jadikan keragaman suku, agama, ras, dan budaya di Indonesia sebagai pemersatu yang kuat, bukan sebagai tembok pembatas. Mahasiswa harus berkarakter dan berwawasan, karena kalianlah yang menjadi agen perubahan dengan peran penting dalam menjaga kelestarian sumber daya alam Indonesia,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Letjen TNI Richard Tampubolon menekankan pentingnya menjaga diri dari bahaya narkoba yang dapat menghancurkan masa depan pribadi dan bangsa.

BACA JUGA:249 Camaba Lolos Masuk IPB Lewat Jalur Ketua OSIS

Ia juga menyampaikan bahwa mahasiswa merupakan bibit unggul yang diharapkan dapat berdedikasi untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Dalam sambutannya, Rektor Untar Prof Agustinus Purna Irawan berharap agar mahasiswa baru dapat berproses di Untar menjadi pribadi yang berkualitas dan berdaya saing.

“Kalian dapat berkarya dan berkontribusi tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk masyarakat. Sesuai dengan tagline Untar untuk Indonesia dan Dunia,” pesannya.

BACA JUGA:Kekecewaan Hati Desak Made Terbayar dengan Perjuangan Veddriq Leonardo

Rektor Untar juga menekankan pentingnya menanamkan nilai-nilai Integritas, Profesionalisme, dan Entrepreneurship (IPE) sebagai landasan penting dalam pengembangan akademik dan profesional di masa depan.

Selain mendatangkan Letjen TNI Richard Tampubolon, Pa Sahli Tk. III Kasad Bidang Intekmil dan Siber Mayor Jenderal TNI Dr. Agustinus Purboyo, S.I.P., M.Tr.(Han). dan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Dr. (H.C.) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K). juga hadir sebagai narasumber.

PKKMB Untar 2024 berlangsung selama tiga hari hingga Jumat (16/8/2024), dilanjutkan dengan Upacara Peringatan HUT ke-79 RI pada Sabtu (17/8/2024) di Kampus II Untar.

Kategori :