BSSN RI Bersama OIKN Bersinergi Amankan Upacara HUT RI di IKN dari Serangan Siber

Sabtu 17-08-2024,10:14 WIB
Reporter : Fandi Permana
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menggandeng Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk mengamankan upacara peringatan HUT RI ke-79 di IKN. Salah satu yang diwaspadai adalah serangan siber.

Direktur Data dan Kecerdasan Buatan Kedeputian Transformasi Hijau dan Digital OIKN, Adhiguna Mahendra mengatakan sinergi ini wujud kolaborasi yang sangat erat dengan BSSN untuk perayaan HUT RI di IKN.

BACA JUGA:Paskibraka di IKN Terbagi Tim Nusantara Baru dan Tim Indonesia Maju

BACA JUGA:Livenia Asal Kaltim dan Komang dari Bali Jadi Paskibraka Pembawa Baki di IKN, Berikut Profilnya

"Kami sudah melibatkan BSSN untuk membantu kami dalam membuat framework yang sangat secure, mulai dari pengembangan sistem aplikasi hingga integrasi aplikasi di setiap perangkat," kata Adhiguna, dalam keterangan tertulis, Sabtu 17 Agustus 2024. 

Menurutnya, keamanan digital ini sangat penting lantaran konsep IKN adalah kota cerdas, dan semuanya akan dibantu oleh perangkat Internet of Things (IoT).

Misalnya IoT sensor kemudian juga CCTV, beserta perangkat aplikasi yang akan membantu untuk pemantauan maupun pengontrolan seluruh aspek operasionalisasi kota.

"Dengan sistem digital seperti itu bagus. Karena lebih mudah untuk melakukan pemantauan, lebih mudah untuk pengambilan keputusan maupun respon terhadap emergency," ujar Adhiguna.

BACA JUGA:Pastikan Kelancaran HUT RI ke-79, Dirut PLN Cek Langsung Keandalan Infrastruktur Kelistrikan di IKN

Namun begitu, ada aspek lain yang harus mendapat perhatian serius, yakni serangan siber. Oleh karena itu, sejak awal aspek tersebut dibarengi dengan analisa yang mendalam terhadap potensi-potensi terjadinya ancaman siber serta recoverynya.

"Untuk itu, tidak saja dalam momentum Perayaan HUT ke-79 RI, tapi sedari awal lalu implementasi hingga maintenance kami melibatkan BSSN," tutur dia.

Juru Bicara BSSN Ariandi Putra menyatakan, keterlibatan pihaknya juga untuk mengamankan seluruh sistem elektronik. BSSN sudah menurunkan Satgas Pengamanan Siber dan Sandi BSSN sejak 27 Juli.

"Kami telah menurunkan Satgas Pengamanan Siber dan Sandi BSSN sejak 27 Juli 2024 lalu, berkolaborasi dengan OIKN untuk mengamankan semua sistem elektronik yang ada di OIKN demi kelancaran dan suksesnya perayaan HUT ke-79 RI," kata Ariandi.

Ia menjelaskan, karena IKN didesain sebagai kota modern yang pintar, keamanan siber di sana menjadi perhatian utama BSSN. Mulai dari perencanaan sampai penyiapan sumber daya manusia untuk menjamin keamanan sistem elektronik yang dimiliki di IKN.

"BSSN telah mendukung OIKN sejak perencanaan hingga penyiapan sumber daya manusia untuk menjamin keamanan sistem elektronik yang digunakan di IKN," jelas Ariandi. 

Kategori :