Rebranding dan Repositioning Jakarta sebagai Kota MICE Global
Sementara itu, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) Vinsensius Jemadu mengemukakan, perubahan status ibu kota dari Jakarta ke IKN bisa menjadi momentum Jakarta untuk rebranding dan repositioning menjadi Kota MICE Global. Kemenparekraf bersama Asperapi, lanjutnya, sedang merancang program untuk mendidik serta mengedukasi anak-anak muda dari berbagai perguruan tinggi untuk menjadi penggiat atau pelaku MICE pada masa mendatang. Hal ini diperlukan sebagai dukungan atas unsur Aksesibilitas, Amenitas, dan Atraksi yang dimiliki Jakarta. "Memiliki tiga unsur itu saja belum cukup, tetap diperlukan sumber daya manusia yang kompeten," tegasnya.
Jemadu menekankan, ekosistem MICE penting dikelola dengan baik, sehingga ke depan Kemenparekraf dapat lebih banyak lagi mendorong pameran berkaitan dengan UMKM. "Agar kita bisa naik kelas dan produk-produk lokal kita bisa bersaing secara global," pungkasnya. (Candra/Sabrina)