Profil dan Biodata Wanda Hamidah, Politisi yang Putuskan Hengkang dari Partai Golkar

Kamis 22-08-2024,12:39 WIB
Reporter : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

BACA JUGA:Intip Profil dan Biodata Adriel Susanteo Lengkap Agamanya, Resmi Lamar Amanda Rawles Usai 7 Tahun Pacaran

Sejak duduk di bangku SMP, Wanda telah menggeluti dunia modelling dan pada tahun 90-an ia pernah terpilih menjadi cover girl di salah satu majalah.

Tak hanya itu, Wanda juga pernah membintangi sejumlah sinetron dan iklan hingga pernah menjadi news anchor serta embawa acara di salah satu program stasiun TV swasta.

Wanda juga kerap dikenal sebagai seorang aktivis mahasiswa tahun 1998 yang turut menduduki Gedung DPR RI untuk menggulingkan rezim Orde Baru.

Setelah terjadi tragedi Trisakti 12 Mei 1997, Wanda dipercaya untuk menjadi seorang juru bicara Tim Penuntasan Tragedi Berdarah Trisakti.

Perjalanan Karier Politik

Meski dikenal sebagai seorang model dan aktris, namun ketertarikan Wanda pada dunia politik makin besar dan tak lepas dari pengaruh keluarganya yang juga turut aktif di bidang tersebut.

BACA JUGA:Profil dan Biodata Angela Lee Selebgram yang Ditangkap Atas Kasus Penipuan Tas Mewah, Sering Jadi Host Televisi

Ia pun mengawali karier politiknya dengan bergabung jadi kader Partai Amanat Nasional (PAN).

Lalu, sejak akhir tahun 1998, Wanda pun aktif jadi juru kampanye PAN, sebuah partai yang lahir setelah runtuhnya kekuasaan Soeharto.

Pada tahun 2006 hingga 2010, ia dipercaya untuk memegang mandat sebagai Bendahara Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN.

Di tahun 2009, ia terpilih sebagai anggota (DPRD) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Provinsi DKI Jakarta dan menduduki Komisi E yang menaungi bidang pendidikan, kesejahteraan serta kesehatan.

Saat mendukung Jokowi-Jusuf Kalla di Pilpres 2014, Wanda justru didepan dari PAN.

BACA JUGA:Profil dan Biodata Suami Cut Intan Nabila Yang Diduga KDRT, Ternyata CEO!

Karena itulah, ia langsung pindah ke Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan langsung dipercaya menjadi Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) tahun 2017.

Saat Pemilu 2019, ia juga berani untuk mencoba calonkan diri sebagai anggota DPR RI, namun usahanya masih gagal.

Kategori :