KAI Catat Wisatawan Asing Menggunakan KA Meningkat, Tembus 410 Ribu

Jumat 23-08-2024,08:45 WIB
Reporter : Sabrina Hutajulu
Editor : Subroto Dwi Nugroho

JAKARTA, DISWAY.ID -- KAI mencatat jumlah wisatawan mancanegara yang menggunakan kereta api di Jawa dan Sumatera menunjukkan tren positif. 

Sepanjang periode 1 Januari hingga 31 Juli 2024, KAI mencatat 330.088 wisman (warga negara asing/WNA) menggunakan kereta api. 

VP Public Relations KAI, Anne Purba mengungkapkan, jumlah pemesanan tiket kereta api yang dipesan oleh wisman mulai 1 Januari 2024 hingga 22 Agustus 2024 Pukul 10.00 WIB bahkan sudah mencapai 410.051 tiket.

BACA JUGA: Jadwal dan Lokasi SIM Keliling di Jakarta Hari Ini 23 Agustus 2024, Buruan Cek!

BACA JUGA: Prakiraan Cuaca Hari Ini DKI Jakarta Pada Jumat, 23 Agustus 2024: Adakah Turun Hujan?

“Pada tahun sebelumnya di 2023 KAI bahkan telah menghantarkan 533.594 wisman dimana angka tersebut meningkat 95,38 persen dibandingkan tahun sebelumnya di tahun 2022 sebanyak 273.112,” jelas Anne Jumat 23 Agustus 2024.

Anne menambahkan, peningkatan jumlah wisman yang menggunakan kereta api pada tahun 2023 seiring dengan kebijakan pemerintah melonggarkan mobilisasi masyarakat pada masa Covid-19 dan pencabutan status pandemi pada Juni 2023. 

Saat ini lanjut Anne, kereta api masih menjadi moda transportasi pilihan para wisman saat melakukan wisata di Indonesia. 

“Jumlah tertinggi para wisman menggunakan kereta api di tahun 2024 yaitu pada bulan Juli sebanyak 78.441 orang, disusul bulan Agustus ada 68.147 orang yang sudah terlayani dan masih menunggu keberangkatan perjalanan hingga tanggal 31 nanti, kemudian Mei yaitu sebanyak 51.937 orang,” jelas Anne. 

Ia mengatakan, antusiasme pelanggan mancanegara menggunakan kereta api di Indonesia dalam perjalanan tentunya menjadi motivasi bagi KAI untuk terus meningkatkan pelayanan. 

BACA JUGA: Demo Bubaran DPR, Massa Bakar Barang di Sekitar Pintu Tol Slipi

BACA JUGA: KAI Commuter Pastikan Perjalanan KRL Tak Terganggu Imbas Demo di DPR Hari Ini

“KAI terus berupaya meningkatkan layanan dan menghadirkan fasilitas baru bagi pelanggan kereta api,” tambah Anne. 

Fasilitas stasiun saat ini juga terus ditambah seperti tersedia water station, papan keterangan dan informasi dalam bahasa Inggris, ruang ibadah, toilet yang bersih, aksesibilitas yang nyaman, dan fasilitas lainnya. 

“KAI juga berkomitmen meningkatkan pelayanan pada aspek lainnya sehingga akan terus memberikan pengalaman bermakna dan kesan positif dalam bertransportasi yang tentunya akan mendukung juga promosi keindahan wisata Indonesia,” tutup Anne. 

Kategori :