Rifat Sungkar Bakal Hidupkan Lagi Balap Drag Race Kelas 402 Meter

Senin 26-08-2024,07:43 WIB
Reporter : Dimas Rafi
Editor : Marieska Harya Virdhani

TASIKMALAYA, DISWAY.ID - Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat kembali menghadirkan ajang balap 402 meter dalam acara Pertamax Turbo Drag Fest 2024, untuk merayakan kemeriahan balap mobil trek lurus atau drag racing.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Mobilitas IMI Pusat Rifat Sungkar dipertengahan acara Pertamax Turbo Drag Fest 2024 seri ketiga di lapangan Udara Wiriadinata, Tasikmalaya, pada 24 hingga 25 Agustus 2024.

BACA JUGA:Rifat Sungkar: All New Triton Sangat Berbeda Dengan Generasi Sebelumnya

"Sekarang (kami) mau mengembalikan (kelas 402 meter sebagai) marwah di drag race supaya mereka (pembalap) juga punya pengalaman ikut drag race yang sebenarnya," kata Rifat di Tasikmalaya.

Ia mencatat, kategori 402 meter secara bertahap akan dihapuskan pada ajang balap mobil di Indonesia karena kendala terbatasnya ruang dan lintasan yang belum memenuhi syarat.

Situasi ini menyebabkan kelas 201 meter lebih banyak digunakan pada event balap trek lurus, karena dukungan trek mudah diakses di berbagai area.

BACA JUGA:Rifat Sungkar Beberkan Pengalaman Bersama Mitsubishi All New Triton: Lebih Bertenaga dan Handling yang Ringan

Rifat menyebutkan, IMI memiliki tujuan untuk menghidupkan kelas 402 meter karena kategori ini merupakan perwujudan esensi balap drag, khususnya melalui ajang Pertamax Turbo Drag Fest 2024 yang diselenggarakan berkat bekerja sama dengan PT Pertamina Patra Niaga.

Kompetisi balap ini berlangsung dalam tiga seri, dimulai dari seri awal di Lanud Ciccangkal, Bogor pada 13-14 Juli, dilanjutkan seri kedua pada 27 sampai 28 Juli, dan diakhiri seri ketiga di Lanud Udara Wiriadinata, Tasikmalaya, pada 24 hingga 25 Agustus 2024. Dengan total lebih dari 1.000 starter.

BACA JUGA:Aman Berkendara Ala Rifat Sungkar: Pastikan Kenali Safety Fitur dengan Baik!

Dalam ajang ini, kelas 402 meter secara konsisten ditampilkan, memungkinkan para pesaing merasakan drag race yang sesungguhnya.

"Kelas 201 juga tetap kami buka karena bagaimana pun juga kan itu tidak bisa ditinggalkan namun utamanya 402 supaya mereka (para pembalap) juga setup mobil sesuai kelas yang dilombakan," tuturnya

BACA JUGA:Sultan Rifat Korban Jeratan Kabel Fiber Optik Akhirnya Pulang dari RS Polri Kramatjati

Rifat mengungkapkan harapannya agar berbagai pihak yang menyelenggarakan acara balap drag di Indonesia akan fokus pada kelas 402 meter di masa depan, sehingga kategori ini dapat berkembang dan mengembangkan pembalap-pembalap yang luar biasa.

 

Kategori :