Waspada Bahaya Penyakit Cacar Api dan Komplikasinya, Dapat Dicegah dengan Vaksin Herpes Zoster

Senin 26-08-2024,08:24 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID – Pernahkah mendengar penyakit cacar api atau cacar ular?

Dalam bahasa medis disebut dengan Herpes Zoster.

Penyakit ini bisa dicegah dengan vaksin.

Para Ahli bicara soal bahaya penyakit cacar api, pengobatan, dan cara pencegahannya.

Apa Itu Cacar Api?

dr. Nurwestu Rusetiyanti, M.Kes, SpDVE, SubspVen dari KSHI PERDOSKI mengatakan Herpes Zoster disebabkan oleh reaktivasi virus Varicella Zoster yang juga menjadi penyebab cacar air.

Setelah terinfeksi, virusnya akan tetap berada di dalam tubuh dan menjadi inaktif. Beberapa tahun kemudian, virus tersebut dapat kembali aktif dan menjadi Herpes Zoster.

Seiring bertambahnya usia, sistem kekebalan tubuh mulai melemah dan kemampuan untuk mencegah reaktivasi virus berkurang.

Itulah sebab dari meningkatnya risiko Herpes Zoster seiring bertambahnya usia.

Lansia Lebih Rentan

"Lebih dari 90% orang dewasa memiliki virus varisela zoster yang dorman pada tubuh mereka. Usia memang menjadi faktor risiko yang paling berpengaruh dan sebagian besar kasus Herpes Zoster terjadi pada individu dewasa berusia 50 tahun ke atas. 1,2,” ujarnya kepada wartawan di Jakarta.

Individu dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah lebih berisiko terkena Herpes Zoster dan lebih cenderung mengalami kasus derajat berat.

Kondisi imunosupresi seperti HIV, Kanker dan penyakit autoimun lainnya meningkatkan risiko individu tersebut untuk terkena Herpes Zoster.

Berdasarkan data, Wanita memiliki 19% peningkatan risiko untuk terkena Herpes Zoster.

Kategori :