Gawat! Virus Penyebab Cacar Air yang Dapat Berkembang Jadi Herpes Zoster Ada di Tubuh 90 Persen Orang, Waspada Jika Memiliki Komorbid

Gawat! Virus Penyebab Cacar Air yang Dapat Berkembang Jadi Herpes Zoster Ada di Tubuh 90 Persen Orang, Waspada Jika Memiliki Komorbid

Herpes Zoster atau cacar api merupakan penyakit yang disebabkan oleh reaktivasi virus varicella-zoster atau cacar air dan dapat berkembang menjadi herpes apabila imunitas tubuh mengalami penurunan.-freepik-

JAKARTA, DISWAY.ID - Herpes Zoster atau cacar api merupakan penyakit yang disebabkan oleh reaktivasi virus varicella-zoster atau cacar air.

Seperti yang diketahui, cacar air merupakan penyakit yang kerap dialami anak-anak dan remaja, kendati demikian virus tersebut dapat hinggap di tubuh manusia meski gejala cacar telah sembuh.

Kemudian, virus tersebut kembali berkembang menjadi herpes apabila imunitas tubuh mengalami penurunan, salah satunya faktor bertambahnya usia atau komorbid penyakit tertentu.

BACA JUGA:Kalender Jawa Bulan Agustus 2024 Lengkap dengan Weton dan Hari Baik yang Penuh Rezeki

BACA JUGA:Hotman Paris Bocorkan Hasil Visum et Repertum Vina Cirebon: Bukan Kecelakaan, Keluar Sperma!

"Lebih dari 90 persen orang dewasa memiliki virus varicella zoster (VZV) yang dorman di sistem saraf mereka menunggu untuk tereaktivasi kembali seiring bertambahnya usia, dan berisiko terkena Herpes Zoster karena penurunan fungsi kekebalan terkait usia," ungkap Prof. Dr. dr. Samsuridjal Djauzi, Sp.PD-KAI, FINASIM, FACP di Rumah PAPDI Jakarta, 24 Juli 2024.

Penyakit herpes ini mengakibatkan rasa sakit yang mendalam, membakar, menusuk, atau nyeri.

Lebih lanjut, nyeri saraf jangka panjang juga bisa dialami oleh penderita herpes zoster meski gejala cacar api telah sembuh, dinamakan neuralgia pasca-herpes.

BACA JUGA:DBL All-Star: Gerrald Haikal Terpukau dengan Atlet Muda di Amerika Serikat

BACA JUGA:Misi Kedua Elang Dewanto di DBL All-Star Chicago

"Neuralgia pasca-herpes (NPH) adalah nyeri saraf jangka panjang yang dapat berlangsung berminggu-minggu, berbulan-bulan atau kadang dapat bertahan selama beberapa tahun, merupakan komplikasi paling umum dari Herpes Zoster," imbuhnya.

Komplikasi ini terjadi pada 5-30 persen dari semua kasus herpes zoster, tergantung usia individu.

Selain NPH, penderita herpes zoster juga berisiko mengalami komplikasi, seperti infeksi saraf di sekitar mata, kejadian kardiovaskular dan serebrovaskular seperti serangan jantung dan stroke, serta gangguan pendengaran.

BACA JUGA:Heru Budi: Jokowi Mulai Ngantor di IKN Mulai 28 Juli Mendatang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: