Contoh Studi Kasus PPG Daljab 2024 Lengkap PDF, Mahasiswa-Guru Wajib Tahu!

Senin 26-08-2024,14:47 WIB
Reporter : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

Setelah berdiskusi, situasi yang ditemukan ini ialah saat siswa berpikir bahwa materi rangkaian listrik itu sulit, tak bisa merangkainya, dan sulit untuk hitung-hitungannya.

BACA JUGA:Link dan Cara Pemutakhiran Data Peserta PPG Daljab 2024, Jangan Sampai Telat!

Selain itu, berdasarkan pengamatan saya selama mengajar materi IPA, siswa pun cenderung menunggu arahan saya, ada yang duduk dia mendengarkan saya dan ada beberapa yang tak memperhatikan saya saat menjelaskan materi.

Ketika saya memberikan pertanyaan pemanti, ada sebagian besar siswa terdiam, melihat saya serta hanya 2 orang siswa yang menjawab pertanyaan saya.

Saat saya minta siswa untuk menanggapi jawaban temannya, tidak ada siswa yang memberikan respon.

Ketika siswa juga diminta ke depan kelas untuk demontrasi / praktik / mencoba, semua siswa tidak mau maju ke depan kelas Hasil ulangan Mapel IPA juga menunjukkan nilai yang kurang memuaskan, yaitu rata-rata 71 dimana hanya 45 persen siswa yang melampaui KKM.

Sebagai seorang guru, saya pun merasa tertantang untuk merubah cara siswa belajar mengenai rangkaian listrik. Matei ini sangat penting karena mereka akan berhadapan dengan listrik setiap saat. Mereka harus memiliki keterampilan bagaimana memanfaatkan dan terhindar dari kelalaian terkait listrik. 

BACA JUGA:Cara Cek Data Dapodik Guru Buat Persiapan PPG Daljab 2024, Lengkap Panduan Perbaruinya

Saya juga menyenangkan siswa berharap belajar IPA lebih dan sesuai dengan karakteristik anak-anak dan sesuai karakteristik mata pelajaran IPA, sehingga saya berharap dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar IPA siswa.

3. Analisis Situasi

Berdasarkan kasus yang saya angkat, kemudian saya berdiskusi dengan rekan guru kelas 4 tentang materi yang sudah disampaikan sebelumnya. Selain itu, saya juga berharap mendapatkan cara-cara untuk mengatasi kasus yang saya angkat. 

Selain dengan rekan guru, saya juga membaca dari berbagai sumber terrkait dengan kasus dan hal-hal yang bisa saya lakukan untuk menyelesaikan kasus yang ada. Saya juga membaca materi mengenai cara menyusun indikator untuk mengukur ketercapaian Tujuan Pembelajaran.

Tak hanya itu, saya berdiskusi juga dengan teman saya mengenai pendapat beliau tentang kuis kuis dan LKPD. 

BACA JUGA:Dokumen dan Syarat PPG Daljab 2024 yang Perlu Diketahui, Pernah Mengajar Minimal 2 Tahun

Tidak lupa saya juga bertanya dengan beberapa teman saya, Guru Penggerak di sekolah saya mengenai perumusan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dan metode pembelajaran yang menarik yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

Dari beberapa ide pembelajaran yang menarik, saya memilih pembelajaran berbasis masalah yang didukung dengan media pembelajaran inovatif untuk mengajarkan materi IPA topik rangkaian listrik. 

Kategori :