Pentingnya Imunisasi pada Dewasa dan Lansia, Ini Penjelasan Dokter Dirga dan Daftar Vaksinnya

Senin 26-08-2024,16:27 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

Beberapa vaksin memiliki kekebalan seumur hidup dan beberapa vaksin membutuhkan booster atau penguat. Tidak semua vaksinasi rutin anak-anak dapat melindungi sepanjang hidup, contohnya vaksin tetanus meskipun sudah pernah diberikan saat anak anak, pada dewasa tetap disarankan untuk menerima dosis penguat setiap 10 tahun sekali.

2. Imunisasi memiliki peran sama penting seperti diet dan olahraga

Sama halnya dengan diet dan olahraga, imunisasi merupakan salah satu langkah pencegahan terjadinya penyakit yang dapat kita lakukan terutama untuk penyakit-penyakit menular.

BACA JUGA:Lantai 6 Gedung RSPP Pertamina Kebakaran, Begini Situasi Terkini di Lokasi

3. Menghindari keluarga dan lingkungan sekitar dari paparan penyakit

Tidak semua individu dapat menerima vaksinasi, contohnya pada individu yang memiliki kontraindikasi vaksinasi seperti alergi berat dan orang-orang yang tidak memiliki sistem imun adekuat.

Melakukan vaksinasi pada suatu kelompok individu yang dapat divaksinasi secara tidak langsung melindung kelompok yang tidak dapat menerima vaksinasi karena menurunkan risiko paparan terhadap penyakit.

Jenis Vaksin Orang Dewasa

Terdapat beberapa imunisasi pada orang dewasa yang dianjurkan yaitu vaksinasi influenza, tetanus, difteri, varisela, HPV, herpes zoster, MMR, hepatitis A, hepatitis B, tifoid, meningitis meningokok, yellow fever, dengue, pneumokok, serta vaksin COVID-19.

Masing-masing vaksin memiliki jadwal dan rute pemberian tersendiri yang tertera dalan Jadwal Imunisasi Dewasa Rekomendasi SATGAS Imunisasi Dewasa PAPDI.

Kategori :