Ribuan Ojol Bakal Mogok di Jabodetabek Besok, Tuntut Ini ke Pemerintah!

Rabu 28-08-2024,17:22 WIB
Reporter : Fandi Permana
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Asosiasi Pengemudi Transportasi Daring Gabungan Roda Dua Nasional Garda Indonesia bakal menggelar demo besar-besaran besok. 

Aksi itu akan dilakukan oleh ribuan ojek online dan kurir lokal Jabodetabek yang menyampaikan sejumlah tuntutan kepada perusahaan aplikasi maupun Pemerintah.

BACA JUGA:Ribuan Driver Ojol Gelar Demo di Jakarta Besok, Tuntut Skema Tarif hingga Legalitas UU

BACA JUGA:Pengedar Narkoba Jaringan Lapas Ditangkap, Transaksi Dikirim Pakai Ojol

Asosiasi Pengemudi Transportasi Daring Roda Dua Nasional Garda Indonesia hormati dan mendukung aksi damai selagi tidak menimbulkan suatu gangguan kamtibmas sebagai wujud solidaritas.

Garda menyebut kesamaan nasib para pengemudi ojol yang makin tertekan oleh perusahaan aplikasi sedangkan pihak Pemerintah juga belum dapat berbuat banyak untuk memenuhi rasa keadilan.

"Kesejahteraan para mitra perusahaan aplikasi yang ada dikarenakan hingga saat ini status hukum ojek online ini kami nilai masih ilegal tanpa adanya legal standing berupa Undang-undang," kata Ketua Umum Asosiasi Pengemudi Ojek Daring Garda Indonesia Igun Wicaksono dalam keterangannya, Rabu 28 Agustus 2024. 

Igun menambahkan, belum adanya legal standing bagi para pengemudi ojol membuat perusahaan aplikasi bisa berbuat sewenang-wenang. Selain itu, perusahaan mitra aplikasi tak kunjung mengeluarkan solusi dari platform membuat perusahaan aplikasi tak dapat diberikan sanksi tegas oleh Pemerintah.

BACA JUGA:Heboh Ojol di Tasikmalaya Disangka Meninggal di Atas Motor Ternyata Masih Hidup, Netizen: Kena Prank

BACA JUGA:Kabar Gembira! Driver Ojol dan Kurir Logistik Dapat THR Lebaran 2024

"Hal inilah yang membuat timbulnya berbagai gerakan aksi protes dari para mitra," jelas Igun. 

Igun menegaskan bahwa aksi Kamis besok dipastikan dilakukan secara damai. Ia mengimbau kepada rekan-rekan ojol untuk menyampaikan pendapatnya secara tertib dan damai. 

"Aksi seyogyanya dilaksanakan secara damai tanpa ada provokasi dari pihak manapun, baik dari pihak pelaksana aksi damai maupun dari pihak pengemudi ojol lain yang tetap melaksanakan kegiatan melayani pelanggan, kita jaga ketertiban bersama guna tercapainya tujuan aksi damai," imbau Igun. 

Igun menambahkan, bahwa jumlah massa aksi yang terlibat besok diperkirakan mencapai ribuan. Para ojol akan memadati sejumlah titik konsentrasi massa di Jakarta dan sekitarnya. 

"Informasi dari rekan-rekan kami bahwa aksi akan diikuti sekitar 500-1000 pengemudi ojol dari berbagai komunitas di Jabodetabek. Adapun rencana pelaksanaan jam 12.00 dengan rute aksi Istana Merdeka, kantor Gojek disekitar wilayah Petojo, Jakarta Pusat dan kantor Grab disekitar Cilandak, Jakarta Selatan. Harapan kami perusahaan aplikasi juga hormati penyampaian pendapat dari para mitranya sebagai bentuk masukan yang perlu diperhatikan dan Pemerintah juga dapat menyimpulkan permasalahan yang terus berulang di ekosistem transportasi online ini," tutup Igun. 

Kategori :