Sambut Paus Fransiskus, Nasaruddin Umar dan Kardinal Suharyo Ajak Masyarakat Beragama Saling Toleransi

Rabu 28-08-2024,20:19 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID - Dalam rangka menyambut kunjungan kenegaraan Paus Fransiskus ke Indonesia, Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo, Uskup Keuskupan Agung Jakarta dan Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar selaku Imam Besar Masjid Istiqlal mengajak masyarakat menjunjung tinggi rasa toleransi beragama.

Hal itu disampaikan dalam pidato di Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya menggelar seminar nasional yang berjudul “Agama dan Kemanusiaan: Lintas Keyakinan Menuju Persaudaraan Sejati”.

BACA JUGA:Jadwal Lengkap Kunjungan Paus Fransiskus di Indonesia 3-6 September 2024, Jangan sampai Ketinggalan!

Seminar dilaksanakan pada hari Rabu 28 Agustus 2024 di ballroom Yustinus lantai 15, Kampus Semanggi, Unika Atma Jaya.

Rektor Unika Atma Jaya, Prof. Yuda Turana menyampaikan bahwa Unika Atma Jaya sebagai perguruan tinggi yang mengedepankan nilai-nilai intinya juga selalu menanamkan prinsip persaudaraan sejati dan menghargai setiap perbedaan yang ada.

BACA JUGA:703 Media Liput Serangkaian Agenda Kunjungan Paus Fransiskus di Indonesia

“Unika Atma Jaya memiliki nilai inti KUPP (Kristiani-Unggul-Profesional-Peduli) yang dihidupi sebagai landasan berkarya dan belajar setiap harinya. Lebih dari itu, prinsip toleransi dan membangun persaudaraan sejati selalu diutamakan. Ini juga menjadi keunggulan Atma Jaya dalam mendidik generasi muda untuk tidak melupakan nilai-nilai kehidupan,” ujar Prof. Yuda, yang juga ahli saraf tersebut.

Sementara itu Ketua Yayasan Atma Jaya, Linus M. Setiadi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa seminar ini dapat menjadi momen untuk mendengar kesaksian dan pengalaman interaksi para tokoh serta kaum muda dalam kehidupan bermasyarakat yang dijiwai oleh persaudaraan sejati.

“Komunitas Atma Jaya sendiri masih terus berusaha menghidupi semangat persaudaraan sejati tersebut melalui karya nyata, baik dalam bidang pendidikan maupun kesejahteraan masyarakat, seperti pemberian beasiswa untuk anak-anak di daerah 3T maupun pemberdayaan masyarakat di berbagai pelosok tanah air oleh civitas akademika Unika Atma Jaya,” ujar Linus M. Setiadi dalam sambutannya.

BACA JUGA:Paus Fransiskus Pimpin Misa Akbar di Stadion GBK, Anak Buah Jokowi Imbau WFH 5 September 2024

Prof Nasaruddin Umar mengatakan sudah saatnya kita sebagai manusia membangun kebersamaan yang hakiki. Indonesia adalah bangsa yang ramah, toleran, dan menjunjung tinggi nila-nilai kemanusiaan.

"Kebaikan dan persatuan antar umat beragama adalah tujuan kita bersama. Saya tidak ingin menyorot perbedaan, melainkan lebih fokus pada upaya memperkuat persatuan dan kesatuan di antara kita. Karena pada hakikatnya, kita semua adalah bagian dari kemanusiaan yang sama. We are the one and we are the same,” ujar Prof Nasaruddin.

BACA JUGA:Paus Fransiskus Pimpin Misa Akbar di Stadion GBK, Anak Buah Jokowi Imbau WFH 5 September 2024

Kategori :