Dampak Driver Ojol Demo Hari Ini, Penumpang Butuh 10 Menit Menunggu

Kamis 29-08-2024,10:38 WIB
Reporter : Adinda Salsabila
Editor : Adinda Salsabila

JAKARTA, DISWAY.ID - Ribuan driver ojek online (ojol) dan kurir se-Jabodetabek menggelar demo di Istana Merdeka, Jakarta hari ini Kamis, 29 Agustus 2024 pukul 12.00 WIB.

Aksi demonstrasi diikuti sejumlah pengemudi dan kurir dari sejumlah layanan aplikasi, seperti Maxim, Grab, Gojek, Shopee, dan Lalamove.

Demonstrasi akan dilakukan dengan rute Istana Merdeka, kantor Gojek di wilayah Petojo, Jakarta Pusat dan kantor Grab di Cilandak, Jakarta Selatan.

BACA JUGA:Meski Demo Ojol Hari Ini, Para Driver Ojol Akui Tetap Narik Namun Tak Pakai Atribut

Demo ojol ini digelar untuk menyampaikan aspirasi serta tuntutan driver ojol dan kurir kepada pemerintah agar lebih memperhatikan kesejahteraan mereka.

"Beberapa kelompok rekan-rekan ojek online dan kurir lokal Jabodetabek akan lakukan aksi damai dengan tuntutan yang akan diutarakan baik kepada perusahaan aplikasi maupun kepada pihak pemerintah," kata Ketua Umum Garda Indonesia, Igun Wicaksono dalam keterangannya kepada wartawan pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Mereka menuntut perlindungan hukum berupa undang-undang agar perusahaan tidak semena-mena terhadap pengemudi ojol dan kurir yang berstatus mitra.

Oleh karena itu, mereka meminta kepada pemerintah untuk mengevaluasi kerja sama aplikator yang mengandung unsur ketidakadilan dengan pengemudi ojol dan kurir di Indonesia.

Rencananya, aksi unjuk rasa ini akan diikuti oleh 500-1.000 orang.

BACA JUGA:Ribuan Ojol Berdemo Besar-besaran Hari Ini, Ini Imbauan dari Grab dan Gojek

"Informasi dari rekan-rekan kami bahwa aksi akan diikuti sekitar 500-1000 pengemudi ojol dari berbagai komunitas di Jabodetabek dengan rencana pelaksanaan jam 12.00," tutur Igun Wicaksono.

Dampak driver ojol demo hari ini Kamis, 29 Agustus 2024 menyebabkan sejumlah pengguna ojek online membutuhkan waktu yang lebih lama.

Salah satu penumpang ojek online, Claudia mengungkapkan dirinya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk mendapatkan driver ojol di Stasiun Palmerah.

Sehingga, waktu untuk menuju ke kantor membutuhkan waktu yang lebih lama akibat dari adanya demo ojol hari ini.

Claudia bahkan menjelaskan pengemudi ojol menolak pesanannya hingga berulang kali selama 10 menit.

Kategori :