RSUP Persahabatan Dipuji Jokowi Mirip Hotel Bintang 5, Pusat Rujukan Penyakit Respirasi

Senin 02-09-2024,07:41 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID – Gedung Pelayanan Kesehatan Respirasi Ibu dan Anak RSUP Persahabatan di Rawamangun, Jakarta Timur, kini semakin baik dengan fasilitas yang lengkap.

Hal itu ditandai dengan peresmian dan penekanan sirine serta penandatanganan prasasti.

Pembangunan Gedung Pelayanan Kesehatan Respirasi Ibu dan Anak RSUP Persahabatan ini turut menuai pujian dari Presiden Jokowi, yang mengapresiasi kemunculan terobosan baru dalam kemajuan pelayanan kesehatan Indonesia.

BACA JUGA:52 Kuota PPDS Hospital Based Dibuka, Cek Daftar Program Studi dan Rumah Sakitnya

“Saya tadi bersama-sama dengan rombongan masuk ke Rumah Sakit Persahabatan yang baru, semuanya menyampaikan seperti masuk hotel bintang 5. Bangunannya bagus, sangat bersih, desain arsiteknya bagus dengan lampu yang terang benderang, tidak seperti rumah sakit yang sering saya lihat. Oleh sebab itu, saya sangat menghargai pekerjaan besar ini,” puji Jokowi dalam sambutannya.

Pada pembangunan gedung tersebut, WIKA ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan sebagai kontraktor utama untuk mengerjakan seluruh aspek konstruksi, dari pekerjaan struktur dan arsitektur hingga penyelesaian landscape serta fasilitas pendukung lainnya.

BACA JUGA:Ibu Banting Anak di Jagakarsa Dirawat, Keluarga Mengeluhkan Penanganan Rumah Sakit

Lebih lanjut, WIKA turut memperhatikan aspek pasif desain pada pembangunan rumah sakit tersebut, sehingga mampu meminimalisir penggunaan energi dan meningkatkan kenyamanan pengguna bangunan secara optimal.

Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito (BW) menyampaikan bahwa peresmian ini menandai keberhasilan WIKA dalam membangun Rumah Sakit Nasional yang memberikan kenyamanan dan dapat dipercaya oleh masyarakat luas.

BACA JUGA:WIKA Catatkan Penjualan Hingga Rp7,53 Triliun, Terbanyak dari Infrastruktur dan Gedung

“Peresmian proyek ini membuktikan kualitas pekerjaan WIKA dalam membangun Rumah Sakit yang bertaraf internasional dan sekelas hotel bintang 5,” ujar Agung BW.

Bangunan yang telah diresmikan ini telah difungsikan sebagai layanan kesehatan respirasi (pernapasan) kesehatan ibu dan anak.

 Selain itu, RSUP Persahabatan juga akan menjadi pusat rujukan masyarakat karena keunggulan fasilitas maupun peralatan medis mutakhir yang dapat meningkatkan peluang kesembuhan pasien, terutama pada ibu dan anak.

Menkes Budi mengatakan, proyek gedung baru ini merupakan gedung keempat yang diresmikan oleh Presiden dalam minggu ini. Sebelumnya, Presiden telah meresmikan gedung layanan ibu dan anak di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, RSUP Hasan Sadikin Bandung dan RS Kanker Dharmais Jakarta. 

BACA JUGA:Usai Menangkan Gugatan PKPU Atas Wika Bitumen, Tim Kuasa Hukum Siapkan Agenda Ini

Kategori :