Indonesia – Afrika Forum 2024: Komitmen Pertamina Tingkatkan Ketahanan Energi

Senin 02-09-2024,20:08 WIB
Reporter : Reza Permana
Editor : Reza Permana

"Sebagai BUMN bidang energi, kami melihat potensi untuk pengembangan sektor energi di Afrika sangat besar misalnya untuk energi gas maupun geothermal," paparnya.

"Hal ini sesuai dengan tujuan transisi energi kedepan, menuju energi yang lebih bersih dan lebih hijau," tambah Nicke.

Nicke mengapresiasi dukungan Pemerintah Indonesia, karena melalui kerjasama G to G (Government to Government) antara Indonesia dengan negara di Afrika sesuai dengan semangat Bandung Spirit, mendorong upaya Pertamina untuk Go Global dan bekerjasama dengan mitra bisnis internasional.

BACA JUGA:Cara Daftar QR Code Pertalite untuk Roda Empat, Pertamina Jamin Pasti Lolos

BACA JUGA:Pertamina Minta Pengguna Pertalite Segera Daftar QR Code, Siapkan KTP dan STNK

Salah satu upaya Pertamina di Afrika, yakni pada sektor hulu dan gas di beberapa negara Afrika sejak tahun 2013, seperti Aljazair, Gabon, Nigeria, Namibia, dan Tanzania.

Dari ekspansi tersebut, telah berkontribusi pada produksi migas Pertamina dari blok internasional. 

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso menambahkan, kerja sama Pertamina dengan mitra internasional juga bertujuan memperkuat bisnis rendah karbon.

Melalui sinergi ini, diharapkan dapat terjalin pertukaran teknologi untuk menghasilkan energi rendah karbon dan energi transisi. 

BACA JUGA:Pertamina Jajaki Peluang Kerja Sama Strategis pada Forum Bisnis Indonesia-AS

BACA JUGA:Pertamina Hadir di WOW Indonesia Festival 2024, Peringati 75 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-AS

"Selain untuk menjaga ketahanan energi, kami berharap ekspansi bisnis Pertamina mendukung tercapainya target Pemerintah Indonesia untuk Net Zero Emission melalui kolaborasi Pertamina dan mitra bisnis," jelas Fadjar. 

Pada ajang IAF, Pertamina juga  memamerkan produk dan layanannya dari sejumlah subholding dan anak usahanya, sehingga terjalin kesempatan bekerjasama yang lebih luas dengan negara-negara dari benua Afrika.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Kategori :