Shin Tae-yong Bicara Soal Posisi Kiper Utama Timnas Indonesia, Maarten Paes dan Ernando Ari Belum Aman

Selasa 03-09-2024,06:15 WIB
Reporter : Risto Risanto
Editor : Risto Risanto

JAKARTA, DISWAY.ID - Shin Tae-yong memberi peringatan kepada seluruh kiper Timnas Indonesia bahwa posisi mereka sama sekali tidak akan pernah aman.

STY menjelaskan, tidak aman yang dimaksud di sini adalah tentang peran posisi kiper utama karena tidak ada jaminan starter di setiap pertandingannya.

Meksipun level Maarten Paes memang bisa disebut cukup jauh dengan penjaga gawang Timnas Indonesia lainnya seperti Ernando Ari, tetapi Shin Tae-yong mengakui tidak serta merta memainkannya terus menerus.

Pelatih asal Korea Selatan itu sangat ingin semua kiper Timnas Indonesia berada dalam 'dunia persaingan' antar pemain sehingga tidak tercipta rasa 'aman dan nyaman' secara otomatis.

BACA JUGA:Maarten Paes Dongkrak Kualitas Timnas Indonesia Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026

"Meski Maarten ada, tapi itu tidak bisa jadi jaminan 100 persen dia akan bermain terus menerus. Memang pasti menjadi kekuatan yang baik bagi timnas kita. Tetapi ya sama saja, ini dunia persaingan," ucap Coach STY pada Jumat, 23 Agustus 2024 lalu.

Janji Shin Tae-yong adalah semua pemain memiliki kesempatan yang sama tanpa adanya istilah 'dianakemaskan' oleh dirinya.

Bukan cuma Ernando Ari saja yang akan diperlakukan adil oleh Shin Tae-yong, tetapi ada kiper Timnas Indonesia lain seperti Nadeo Argawinata dan Adi Satryo.

"Jadi mau Nando, mau Nadeo, siapa pun itu harus bersaing yang baik dan setiap harinya akan berubah kondisi pemain-pemain. Kami akan melihat kondisi pemain yang terbaik siapa saja, dan dia yang akan bermain," tuturnya menambahkan.

BACA JUGA:Maarten Paes Masuk, Bung Binder Minta Ernando Ari Jangan 'Cengeng': Dia Harus Terpacu!

Untuk laga pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Arab Saudi, Shin Tae-yong jelas kemungkinan masih akan mempercayai Ernando Ari di bawah mistar gawang Garuda Indonesia.

Hal tersebut lantaran Maarten Paes masih belum bisa tampil pada tanggal 5 Spetember 2024 nanti, kiper FC Dallas itu telat didaftarkan.

Akan tetapi Maarten Paes tetap diizinkan untuk berlatih bersama skuad Timnas Indonesia lainnya pada Selasa, 3 September 2024 untuk memulihkan kebugaran.

Kapan Maarten Paes bisa main untuk Timnas Indonesia senior? Jawabannya yaitu kala menghadapi Australia di SUGBK, Jakarta pada Selasa, 10 September 2024.

BACA JUGA:Maarten Paes Gabung, Laga Timnas Bakal Semakin Membara, Berikut Cara Tiket Nonton Langsung di Livin’ by Mandiri

Kategori :