SIG Dukung Pembangunan Jalan di Enam Desa di Rembang dan Blora, Jawa Tengah

Rabu 04-09-2024,13:07 WIB
Reporter : Subroto Dwi Nugroho
Editor : Subroto Dwi Nugroho

JAKARTA, DISWAY.ID -- PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui anak usahanya, PT Semen Gresik, terus berupaya untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sekitar operasional pabrik.

Di Desa Tegaldowo, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah misalnya, untuk meningkatkan kelancaran aktivitas masyarakat desa, PT Semen Gresik memberikan bantuan pembangunan infrastruktur jalan desa hingga Juli 2024, pembangunan jalan di Desa Tegaldowo telah mencapai 1,51 km. 

Bantuan pembangunan jalan di Desa Tegaldowo ini merupakan rangkaian dari pelaksanaan program CSR PT Semen Gresik. 

BACA JUGA:Junjung Tinggi Amanah Donatur, Dompet Dhuafa Raih Penghargaan sebagai Brand Terpopuler 2024

BACA JUGA:Lowongan Volunteer MotoGP Mandalika 2024 Gratis, Ada 8 Posisi yang Dibuka

Sejak tahun 2021, PT Semen Gresik telah memberikan bantuan sebesar Rp5,37 miliar untuk pembangunan jalan sepanjang 4,1 km di enam desa di Kabupaten Rembang dan Blora, antara lain Desa Tegaldowo, Desa Kajar, Desa Timbrangan, Desa Pasucen, dan Desa Kadiwono di Kabupaten Rembang, serta Desa Ngampel di Kabupaten Blora. 

Selain jalan desa, PT Semen Gresik juga memberikan bantuan pembangunan infrastruktur desa lainnya seperti jembatan, drainase, balai desa, dan dinding penahan sungai.

Kepala Desa Tegaldowo, Kundari menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Perusahaan karena bantuan pembangunan jalan ini sangat membantu masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, sehingga memberikan dampak positif dalam peningkatan perekonomian desa. 

Sebelum adanya bantuan pembangunan jalan ini, kondisi struktur tanah yang cenderung bergerak telah menyulitkan para petani dan pegiat UMKM dalam memasarkan komoditasnya. 

BACA JUGA:Ini Harapan Erick Thohir soal Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia

BACA JUGA:Peringati Hari Pelanggan Nasional, PNM Ajak Pelaku UMKM Terapkan Hospitality

“Bantuan jalan beton dari PT Semen Gresik ini tentu sangat membantu kelancaran roda ekonomi masyarakat desa. Untuk pengerjaannya, kami lakukan dengan menggunakan tenaga kerja lokal desa, agar saling memberdayakan satu sama lain dan bisa meningkatkan perekonomian warga. Dengan adanya jalan beton sekarang, mobilitas masyarakat menjadi lebih mudah, sehingga berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi warga,” ungkap Kundari.

Apresiasi juga disampaikan oleh Salamun, Kepala Desa Pasucen, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang. 

Salamun menyampaikan bahwa jalan utama Desa Pasucen minim arus pembuangan air, sehingga jika curah hujan tinggi akan berpotensi menimbulkan banjir. 

Ia mengaku, pembangunan drainase belum dilakukan karena keterbatasan anggaran desa.

Kategori :