Nih Julukan Baru STY! Disebut FIFA Sebagai The History Maker

Kamis 05-09-2024,20:59 WIB
Reporter : Dimas Rafi
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mendapat pengakuan dari Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) atas prestasinya membawa Skuad Garuda ke putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Alhasil, julukan baru pun disematkan kepada Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu kini dijuluki FIFA sebagai The History Maker.

FIFA memberikan pengakuan ini atas berbagai peningkatan signifikan yang dilakukan pelatih berkebangsaan Korea Selatan sejak menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia pada akhir tahun 2019.

BACA JUGA:STY Ungkap Alasan Stadion JIS Tidak Jadi Kandang Timnas Indonesia

“Julukan itu datang bukan tanpa alasan mengingat kehadiran juru taktik asal Korea Selatan itu telah memberikan dampak signifikan bagi perkembangan sepak bola di negara Asia Tenggara tersebut,” tulis FIFA dalam halaman resmi FIFA.

Pengaruh Shin Tae-yong tidak hanya dalam hal permainan, ia juga telah mengembangkan pemain-pemain muda berbakat di dalam tim, yang menjanjikan masa depan cerah bagi Skuad Garuda.

Meski STY belum berhasil meraih satu trofi pun selama masa keprlatihannya, ia telah menorehkan sejumlah sejarah penting.

BACA JUGA:Alasan STY Panggil Wahyu Prasetyo Ketimbang Elkan Baggott Isi Pertahanan Timnas Indonesia

Salah satu tujuannya adalah untuk mengangkat peringkat FIFA Indonesia. Skuad Garuda sempat menduduki posisi ke-175 pada September 2021, namun hingga Juli 2024, peringkatnya naik ke posisi ke-133.

“The History Maker alias Pembuat Sejarah. Inilah julukan yang didapat Shin Tae-yong setelah empat tahun menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia,” ujarnya.

Hingga saat ini, prestasi paling membanggakan yang diraih Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia adalah membawa Marselino Ferdinan dan kawan-kawan melaju ke putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

BACA JUGA:STY Tak Panggil Elkan Baggott di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Wahyu Prasetyo atau Alfeandra Dewangga Masuk

Secara historis, Timnas Indonesia belum pernah menorehkan prestasi seperti ini. Hebatnya lagi, Skuad Garuda menjadi satu-satunya wakil dari Asia Tenggara yang mampu melaju ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pesaing seperti Malaysia, Vietnam, dan Thailand semuanya tersingkir di Babak Kedua.

“Keberhasilan Indonesia lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 Zona Asia merupakan hal yang belum pernah terjadi sebelumnya,” jelas FIFA.

Kategori :