Setelah Denmark, Vaksin Cacar Monyet LC16 dari Jepang Segera Tiba

Jumat 06-09-2024,13:54 WIB
Reporter : Annisa Amalia Zahro
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi mengatakan bahwa pemerintah akan mendatangkan vaksin mpox atau cacar monyet dari Jepang.

"Kita juga saat ini tengah menjajaki kemungkinan kerja sama dengan Jepang yang merupakan produsen vaksin LC16 dengan mengusulkan beberapa pembelian vaksin," kata Retno pada rapat bersama Komisi I DPR RI di Jakarta, 5 September 2024.

BACA JUGA:Indonesia Siapkan 1000 Vaksin Mpox Buatan Jerman dan Jepang

Selain itu, pihaknya juga akan mengirimkan beberapa bantuan untuk diagnostic equipment dan obat-obatan teropatik ke Afrika.

Sebelumnya, Indonesia juga telah menerima 1.600 dosis vaksin Bavarian Nordic dari Denmark.

Selain itu, Penyediaan vaksin juga sempat mendapatkan dukungan penyediaan vaksin mpox ini dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk joint race assessment sebagai persiapan penyelenggaraan Indonesia Africa Forum di Bali.

BACA JUGA:Cacar Monyet Meluas, Cek Kriteria Penerima Vaksin Mpox

"Alhamdulillah penyelenggaraan dapat berjalan dengan lancar. Semua langkah preventif dan rekomendasi WHO kita jalankan sehingga sampai saat ini saya tidak mendengar apa pun adanya kasus mpox yang terjadi akibat penyelenggaraan Indonesia Afrika Forum," ungkapnya.

Dengan berbagai upaya yang telah dilakukan sejauh ini, Retno menilai bahwa pendekatan penanganan mpox hampir sama dengan Covid-19 yang menjadi pandemi beberapa waktu lalu.

"Walaupun nature-nya agak berbeda, tetapi mpox ini adalah tidak hanya kasus yang dialami oleh satu negara. Lebih dari satu negara (transboundary) sehingga penanganannya juga memerlukan kolaborasi kerja sama yang baik," tuturnya.

BACA JUGA:Waspada Bahaya Penyakit Cacar Api dan Komplikasinya, Dapat Dicegah dengan Vaksin Herpes Zoster

Diketahui, WHO menetapkan mpox sebagai public health emergency of International concern (PHEIC) mulai tanggal 14 Agustus yang lalu.

Bersama dengan itu, pada 21 Agustus 2024 WHO juga mengeluarkan temporary recommendation yang telah diikuti sebagian besar negara.

Diungkapkan olehnya, kasus mpox global pada 2024 telah melampaui kasus di tahun 2023.

BACA JUGA:Pemerintah Beri Vaksin Mpox Hanya untuk Kelompok Tertentu, Siapa Saja?

Kategori :