Air Bersih Siap Minum, Kereta Otonom, Hingga Smart Home Hadir di IKN

Jumat 06-09-2024,14:33 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID - Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi kota baru kelas dunia yang mengedepankan prinsip keberlanjutan.

Prinsip tersebut berpadu dengan inovasi dan teknologi terkini.

Untuk itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun infrastruktur di IKN dengan mengedepankan konsep smart city, forest city, dan sponge city.

Semua itu tercermin pada beberapa sarana dan prasarana pendukung IKN. 

BACA JUGA:Jakarta Masih Berstatus DKI, Heru Budi: Ibu Kota Belum Pindah ke IKN

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Pelaksana Tugas Kepala Otorita IKN (OIKN) Basuki Hadimuljono mencontohkan Bendungan Sepaku Semoi.

”Bendungan Sepaku Semoi merupakan bendungan yang berfungsi sebagai area pariwisata, reduksi banjir, dan penyedia air baku pertama di IKN,” ungkap dia. Bendungan tersebut sanggung menyuplai air bersih sebanyak 2.500 liter per detik.

BACA JUGA:Kerugian Asep Setelah Gudang Kayu Miliknya di Bekasi Terbakar

Selain punya kemampuan menyuplai air bersih, Bendungan Sepaku Semoi juga dilengkapi dengan smart  water management yang terdiri atas sistem telemetri dan control room.

Oleh Kementerian PUPR, Bendungan Sepaku Semoi juga dibangun menggunakan hydroseeding untuk memproteksi lereng dan mencegah erosi dan longsor. Keberadaan bendungan itu disempurnakan dengan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku. 

BACA JUGA:ASN Tak Jadi Pindah ke IKN September, Menpan RB: Instruksi dari Presiden Jokowi

Kedua infrastruktur tersebut tidak hanya penting untuk memenuhi kebutuhan air bersih di IKN, melainkan juga berfungsi untuk memastikan setiap tetes air yang mengalir ke IKN bisa langsung dikonsumsi.

”Saya sudah mencoba secara langsung minum air bersih di IKN. Air keran di IKN bisa langsung diminum,” tegas Basuki.

Inovasi dan penerapan teknologi terkini di IKN membuat air bersih di sana aman untuk dikonsumsi secara langsung. 

Kategori :