Nawacita Awards 2024 Segera Digelar, Pastikan Tidak Ada Unsur Politik

Jumat 06-09-2024,21:35 WIB
Reporter : Rafi Adhi Pratama
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Ajang penghargaan Nawacita Awards 2024 segera digelar pada Senin 16 September di Dian Ballroom Hotel Raffles, Jakarta Selatan.

Direktur Utama Media Nawacita Indonesia, Beesokhi Ndruru mengatakan awarding itu digelar untuk ketiga kalinya.

BACA JUGA:Peringatan SeptemberHitam Beredar di Media Sosial, Darurat Penyelesaian Kasus Pelanggaran HAM Berat

BACA JUGA:Bikin Bangga! Dian Sastrowardoyo dan Serial Gadis Kretek Masuk Nominasi di Seoul International Drama Awards 2024

Diungkapkannya, sebelumnya penghargaan itu telah digelar pertama kali pada tahun 2022.

Dijelaskannya, Nawacita Awards itu terinspirasi dari konsep Trisakti yang digagas oleh Presiden Soekarno yang mencakup berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

"Pada pelaksanaan kali ini, kita sebagai penyelenggara tentunya sudah melakukan beberapa tahapan dan beberapa hal baru juga yang kita tambahkan setelah menggali, mendengar aspirasi dari lapisan Masyarakat yang sampai kepada kita, diantaranya yang baru adalah adanya penambahan penerima kategori yang di tahun tahun sebelumnya hanya individu," katanya kepada awak media, Jumat 6 September 2024.

"Di tahun ini ada masukan sehingga diberikan juga kepada lembaga maupun korporasi," sambungnya.

Diterangkannya,  ajang tersebut menganugerahi individu maupun lembaga yang telah berkontribusi nyata dan mengukir prestasi dalam memajukan nilai-nilai Trisakti di era digital saat ini.

BACA JUGA:Sukses Gelar Golden Property Awards GPA, IPW Ungkapkan Rasa Bangganya

"Dan yang tidak kalah istimewanya tetap ada kategori favorit. Kategori favorit ini diperuntukkan sebenarnya khusus kepada mereka-mereka yang muda, gen z, yang memang memberikan efek sangat positif kepada bangsa dan negara kita dalam berbagai bidang, tidak hanya bidang seni budaya, termasuk bidang lain seperti olahraga dan lain sebagainya. Dan itu juga kita teruskan di tahun ini," terangnya.

"Hadi nanti kita akan melihat bahwa nama-nama yang menerima, seperti juga nama-nama penerima Nawacita Awards di tahun-tahun sebelumnya, adalah mereka yang memang layak mendapatkan anugerah itu," imbuhnya.

Pihaknya memastikan ajang tersebut tidak mengandung unsur-unsur politik. Selain itu, para penerima penghargaan Nawacita Awards 2024 nantinya juga dipilih melalui proses seleksi ketat melibatkan berbagai pihak independen, dewan juri yang kompeten di bidangnya masing-masing untuk menjaga objektivitas penilaian yang terdiri dari para pakar di bidang hukum, pendidikan, serta praktisi.

"Jadi tidak ada intervensi dengan politik, dan hal lain yang berikutnya, dalam proses pengambilan keputusan nama-nama yang menerima juga tidak ada intervensi, itu semata-mata juga adalah keputusan dewan juri," ujarnya.

Kategori :