Fantastis! Ridwan Kamil Usulkan Program Anggaran Rp100 Juta Per RW di Jakarta

Jumat 06-09-2024,23:57 WIB
Reporter : Fajar Ilman
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Bakal calon gubernur Jakarta dari Koalisi Indonesia Maju Plus, Ridwan Kamil, mengusulkan sebuah program anggaran untuk setiap Rukun Warga (RW) di Jakarta.

Menurutnya, konsep itu sangat berkeadilan untuk menunjang kebutuhan warga.

BACA JUGA:Lanjutkan Safari Politik, Ridwan Kamil Temui Bamus Betawi Bahas Budaya Betawi di Jakarta Baru

BACA JUGA:Ridwan Kamil Hadapi Penolakan Beberapa Anggota Ormas Saat Kunjungan ke Jaktim: Itulah Indahnya Demokrasi

"Jakarta itu harus berkeadilan, maka salah satu programnya nanti RW-RW akan kita kasih anggaran minimal 100 sampai 200 juta," katanya kepada wartawan, saat dirinya bertemu dengan perwakilan masyarakat yang tergabung dalam gerakan membangun Betawi di Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur pada Jumat 6 September 2024.

Ia menambahkan bahwa program ini mirip dengan yang diterapkan di Bandung, di mana anggaran ini memungkinkan warga RW untuk berpartisipasi dalam mendesain wilayah mereka sendiri.

"Coba bayangkan, terjadi perdebatan. Ini duit dari Pak Gubernur mau diapain? Apa ngurusin selokan? Apa bikin gerbang? Apa bikin modal UMKM warga RW-nya?," paparnya.

Ridwan Kamil juga menegaskan bahwa tidak semua keputusan harus diambil di balai kota.

BACA JUGA:Silaturahmi ke Jusuf Kalla, Ridwan Kamil Tegaskan Tak Masukkan JK dalam Tim Pemenangan

"Jadi RW ada anggaran RW. Gaji RW-RT juga kita naikkan insyaallah, dengan keadilan, tidak menjanjikan yang sifatnya kadang-kadang berlebihan," jelasnya.

Ia menekankan pentingnya supervisi oleh ahli di level kecamatan dan persetujuan oleh gubernur, agar penggunaan anggaran tidak sembarangan.

Sebagai contoh, di Bandung, Ia memberikan 100 juta per RW untuk membeli motor triseda guna kebersihan, yang berdampak positif pada kemenangan Adipura setelah bertahun-tahun gagal.

"Kombinasi berkeadilan, RW-RW diberi anggaran, dibimbing oleh pemimpinnya, disupervisi orang-orang berilmu, saya yakin 5 tahun itu jadi perubahan yang luar biasa," tutupnya.

Kategori :