Bung Towel Minta Ernando Ari Jangan Takut Bersaing dengan Maarten Paes: Dia Bukan Jan Oblak!

Sabtu 07-09-2024,07:33 WIB
Reporter : Risto Risanto
Editor : Risto Risanto

JAKARTA, DISWAY.ID - Pengamat sepak bola, Bung Towel atau Tommy Welly menjelaskan soal pernyataanya tentang 'tega gak Ernando Ari dicadangkan saat Maarten Paes datang'.

Kalimat tersebut, kata Bung Towel, semua ada alasan jelasnya dari sudut pandang proses tatanan sepak bola. Dan tidak semata-mata karena tahu hasilnya saja.

Bung Towel mengakui bahwa Maarten Paes memiliki kemampuan yang jauh di atas Ernando Ari, hanya saja poin dari kalimat 'tega gak Ernando Ari dicadangkan' bukan itu 

"Sekarang poin sepak bolanya adalah, apakah Ernando Ari sudah melewati semua proses sampai dia ada nomor satu di puncak Tim Nasional? Jelas, dia sudah melewati proses dari usia muda tim nasional usia muda sampai main di profesional league, sampai dipanggil timnas dan dia jadi penjaga gawang nomor satu," ucap Bung Towel, dikutip dari kanal YouTube Sportify Indonesia pada Sabtu, 7 September 2024.

BACA JUGA:Mahfudin Nigara Ingatkan Bung Towel Jangan Berlebihan Kritik Shin Tae-yong: Punya Sertifikat Pelatih Gak?

"Terakhir dia berkontribusi besar di Piala Asia U-23 yang sampai semifinal dan dia sempat save banyak saat adu penalti banyak menggagalkan penalti Korea Selatan jadi dia berkontribusi besar artinya kalau dia jadi penjaga gawang nomor satu dia pantas karena dia melewati semua proses sepak bola itu," sambungnya.

Bung Towel mengatakan siapapun yang mengerti sepak bola, pasti tahu dan mendalami tentang development dan mendalami proses sepak bola.

Contohnya Ernando Ari yang sudah berjuang dalam semua proses dari usia muda sampai dia senior lalu dia berhasil mencapainya.

"Maka poin diujung pertanyaannya, menjadi sebuah pertanyaan psikologis tega kah gitu jadi jawabannya bukan ngeles bersaing,poinnya bukan bersaing karena kalau kita konsisten naturalisasi itu direkrut karena kemampuannya di atas rata-rata," tegasnya.

BACA JUGA:Bung Towel Bingung Kehebatan Shin Tae-yong Itu Apa: Alasan Terus, Menggelitik Pandangan Saya

Pria berusia 53 tahun itu sadar akan adanya tantangan yang semakin berat dihadapi oleh Timnas Indonesia, apalagi skuad asuhan Shin Tae-yong telah masuk ke tahap kualifikasi Piala Dunia 2026.

Akan tetapi tetap saja Bung Towel melihat dari aspek perjalanan karier Ernando Ari di Indonesia, yang mana menurutnya lebih pantas mendapatkan hasil dari perjuangan kerasnya.

"Saya menguji filosofi, sepak bola menguji pemikiran orang, anak yang sudah melalui proses dan dia sudah membuktikan dan dia memberi kontribusi layak enggak dia di posisi itu," ujar Bung Towel.

"Layak, kenapa karena ada pertimbangan sepak bola lagi pertimbangan sepak bolanya adalah kalau Anda terbiasa jadi pemain utama pemain inti begitu Anda tidak main dicadangankan itu akan berpengaruh, ada faktor mental ada faktor skill yang nanti akan menurun dalam kemampuannya kalau Anda tidak bermain," tambahnya.

BACA JUGA:Kasihan Bung Towel Dikacangin Shin Tae-yong Padahal Kritik Terus, Jeong Seok Seo: Saya Kasih Tahu

Kategori :