Pengurangan Emisi dan Gas Rumah Kaca, Kemenhub Perkokoh Regulasi Penerbangan Berkelanjutan

Sabtu 07-09-2024,19:52 WIB
Reporter : Ayu Novita
Editor : Khomsurijal W

“Fokusnya pada transportasi yang cerdas dan berkelanjutan sedang mengubah Indonesia. Ini menjadi contoh bagi negara lain. ICAO bangga dapat bekerja sama dengan Indonesia,” katanya. 

Sciacchitano menyatakaan ICAO dan negara-negara di dunia, terus meningkatkan dunia penerbangan, dengan membuat pesawat terbang lebih selamat, aman dan lebih berkelanjutan. 

“Dukungan dan komitmen Indonesia terhadap perlindungan lingkungan, program pelatihan negara berkembang dan para ahli penerbangan Indonesia di ICAO APAC Regional Office, telah berkontribusi positif terhadap pengembangan profesional penerbangan di kawasan Asia Pasifik, serta turut mengatasi tantangan mendesak industri penerbangan,” pugkasnya. 

Kemudian, Director Regional ICAO Asia and Pasific (APAC) Tao Ma, yang menjadi salah satu narasumber Hub Talks kali ini menyampaikan, hasil Audit ICAO terkait pengawasan keselamatan penerbangan, Indonesia telah meraih Effective Implementation (EI) Score yang baik. Namun ia mengatakan hal tersebut masih perlu terus ditingkat. 

BACA JUGA:Menteri Perhubungan: Setiap Armada Bus Harus Rutin Lakukan Ramp Check

Menurut Tao Ma, salah satu rekomendasi yang saat ini dapat dilakukan terkait peningkatan keselamatan sektor penerbangan Indonesia, yaitu melalui peningkatan keterampilan SDM melalui berbagai training. 

“Bagaimana rekomendasi terkait keselamatan penerbangan menurut saya training (pelatihan) merupakan satu hal yang perlu kita lakukan,” ucap Tao Ma.

Kategori :