Persiapkan Era Digital, Kampus Vokasi Kemenperin Mulai Terapkan Kurikulum 4.0

Selasa 10-09-2024,09:10 WIB
Reporter : Bianca Khairunnisa
Editor : Subroto Dwi Nugroho

JAKARTA, DISWAY.ID -- Sebagai langkah utama memasuki era industri 4.0, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menginisasi peluncuran peta jalan Making Indonesia 4.0, sebagai bukti kesiapan dan strategi Indonesia memasuki era industri digital.

Adapun langkah strategis yang perlu ditempuh adalah penguatan sumber daya manusia (SDM) industri dalam pemanfaatan teknologi digital untuk mendukung terciptanya inovasi dan meningkatkan daya saing.

"Komponen terpenting pada proses transformasi digital, antara lain berupa kesadaran manfaat penggunaan peralatan digital, tidak hanya sekedar kemampuan adopsi teknologi, namun harus sejalan dengan perubahan mindset digital pada SDM di dalamnya," ujar Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam keterangan resminya pada Senin 9 September 2024.

BACA JUGA:Rafi Ahmad Ditunjuk Jadi Ketua Tim Pemenangan Andra Soni-Dimyanti di Pilgub Banten 2024

BACA JUGA: Baleg DPR RI dan Pemerintah Sepakat RUU Kementerian Negara Dibawa ke Rapat Paripurna

Guna mencapai sasaran tersebut, peningkatan kualitas SDM industri menjadi hal yang krusial dalam mengakselerasi penerapan Making Indonesia 4.0 dengan mengedepankan keterampilan untuk tetap selaras dengan permintaan industri saat ini.

Oleh karena itu, Kemenperin melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) menjembatani kebutuhan ketersediaan SDM tersebut dengan menyiapkan infrastruktur dan sarana prasarana melalui 13 pendidikan tinggi vokasi, sembilan SMK, dan tujuh Balai Diklat Industri (BDI).

Salah satu unit pendidikan tinggi tersebut adalah Politeknik Industri Petrokimia Banten.

Memiliki kerja sama dengan industri seperti PT Chandra Asri Petrochemical, siswa-siswi politeknik ini sudah memiliki ikatan kerja sehingga ketika lulus dapat langsung bekerja di perusahaan mitra. 

Politeknik ini memiliki tiga program studi, yakni Teknologi Mesin Industri Petrokimia, Teknologi Proses Industri Petrokimia, dan Teknologi Instrumentasi Industri Petrokimia.

BACA JUGA:10 September Hari Terakhir Pendaftaran CPNS 2024, Tutup Jam Berapa?

BACA JUGA:KPK Periksa 2 Saksi Terkait Kronologis Dugaan Korupsi Pengadaan Lahan di Rorotan

"Politeknik Industri Petrokimia Banten telah memberikan akses pendidikan dengan layanan berupa pendidikan sistem ganda, berbasis kompetensi, memiliki kurikulum industri 4.0, memiliki pelatih di tempat kerja yang tersertifikasi internasional dan sarana yang standar industri," ujar Sekretaris BPSDMI, Jonni Afrizon, dalam keterangan tertulis resminya pada Senin 9 September 2024.

Penyelenggaraan pendidikan di Politeknik Industri Petrokimia Banten telah menggunakan pembelajaran sistem ganda (dual system) untuk menjamin lulusannya kompeten, yang link and match dengan kebutuhan industri, sehingga mereka siap kerja.

Apalagi, kurikulum yang diterapkan politeknik ini sudah berbasis industri 4.0.

Kategori :