Pos Bloc Pasar Baru Kebakaran, Diduga Akibat Korsleting Listrik di Salah Satu Tenant

Selasa 10-09-2024,09:36 WIB
Reporter : Fandi Permana
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Kebakaran melalap Gedung Pos Bloc milik Pos Indonesia di Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, dini hari tadi. 

Api itu menyala melalap bangunan sejumlah tenant yang berada di dekat gedung utama Pos Indonesia. 

BACA JUGA:Korban Kebakaran Manggarai Digratiskan Tinggal di Rusun Pasar Rumput Selama 3 Bulan

BACA JUGA:Heru Budi: 450 Warga Korban Kebakaran Manggarai Direlokasi ke Rusun Pasar Rumput

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat, Asril Rizal menyebut kebakaran Pos Bloc yang berlokasi di Jalan Pos, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat diduga akibat korsleting listrik.

"Kebakaran diduga dipicu korsleting listrik dari salah satu kedai kopi di area Pos Bloc. Segera kami kerahkan petugas untuk melakukan penanganan. Total kami kerahkan sebanyak 14 unit mobil pemadam dengan kekuatan sebanyak 56 personel," kata Asril kepada wartawan.

Asril menjelaskan, pihaknya menerima informasi kebakaran pada Selasa sekitar 00.43 WIB dini hari. Informasi itu dilaporkan oleh warga yang datang ke pos pemadam kebakaran di Pasar Baru.

Untuk penanganan awal, Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat mengerahkan tiga unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dari Pos Pasar Baru dan Masjid Istiqlal. Saat mobil damkar tiba di lokasi sekitar pukul 00.50 WIB kondisi api sudah membesar.

Setibanya di lokasi, petugas segera melakukan proses pemadaman dan melokalisir area terdampak. Pemadaman api berlangsung kurang lebih dari 30 menit.

Api berhasildipadamkan dan proses pemadaman memasuki tahap pendinginan sekitar pukul 01.33 WIB dini hari.

"Kejadian tidak sampai mengakibatkan korban jiwa maupun luka berat. Area yang terbakar mencapai sekitar 1.000 meter persegi dengan taksiran kerugian sekitar Rp2 miliar," ujar Asril.

Terpisah, perwira piket hari ini, Mulandono menjelaskan kejadian kebakaran diketahui berasal dari salah satu bangunan kedai kopi di Pos Bloc. Tenant itu berasa di area dapur kedai.

BACA JUGA:4 Anggota Damkar Terluka Akibat Ledakan Saat Kebakaran di Grogol

BACA JUGA:Lahan Kosong di Kemayoran Kebakaran, Gulkarmat Terjunkan 11 Unit Kendaraan Pemadam

Percikan api diketahui oleh petugas keamanan berawal dari adanya korsleting listrik di ruangan.

Kategori :