Presiden Jokowi Kembali Resmikan 2 Tol di Pulau Sumatera

Selasa 10-09-2024,21:51 WIB
Reporter : Ayu Novita
Editor : M. Ichsan

JAKARTA, DISWAY.ID-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meresmikan 2 bagian ruas jalan tol garapan PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) Group. 

Adapun ruas tol ini adalah Jalan Tol Ruas Binjai - Langsa Seksi 2 Stabat-Tanjung Pura (26,2 km), dan Jalan Tol Ruas Kuala Tanjung - Tebing Tinggi Parapat Seksi 3-4 Tebing Tinggi Serbelawan-Sinaksak (45,6 km). 

BACA JUGA:Truk Kontainer Alami Kecelakaan di Ruas tol Cibitung-Cilincing, Terjun Bebas Jatuh ke Perkebunan Warga

BACA JUGA:Gegara Serobot Antrian BBM, Sopir Truk Ditusuk di Rest Area Tol Pinang

Peresmian ini berlangsung di Gerbang Tol Sinaksak, Kabupaten Simalungun, Kota Tebing Tinggi, Sumatra Utara pada Selasa, 10 September 2024. 

"Dengan peresmian jalan tol ini tentunya akan mendorong pertumbuhan pusat ekonomi baru di koridor Binjai-Langsa dan Tebing Tinggi-Parapat, menambah daya saing daerah, sistem logistik mobilitas orang dan barang akan lebih cepat sehingga kita dapat bersaing dengan negara-negara lain," ujar Presiden Jokowi saat pembukaan. 

Peresmian kedua bagian jalan tol ini ditandai dengan peletakan tangan pada totem sensor, serta dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi. 

BACA JUGA:Jelang 47 Hari Pemerintahannya Berakhir, Jokowi Resmikan 4 Seksi Jalan Tol Sigli Banda Aceh Sepanjang 35 Km

BACA JUGA:Sopir Taksi Online Dijerat Tali oleh Penumpang di Tol, Mobil Dibawa Kabur Pelaku

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim menjelaskan dengan total panjang jalan tol diresmikan sebesar 71,8 km, jalan tol ini diharapkan dapat mendorong stimulus pertumbuhan pusat-pusat kegiatan ekonomi produktif dan pariwisata di wilayah sekitar koridor jalan tol. 

"Jalan Tol Stabat Tanjung Pura sendiri telah beroperasi sejak terbitnya Surat Keputusan Menteri (Kepmen) No. 1138/KPTS/M/2023 pada 20 September 2024, dengan biaya investasi pembangunan mencapai Rp 5,2 Triliun. Sementara Jalan Tol Tebing Tinggi Serbelawan - Sinaksak dikelola olehAnak Usaha kami, Hamawas, yang merupakan ruas baru dengan biaya investasi senilai Rp 6,07 Triliun," ujar Adjib. 

Lebih lanjut, Adjib mengatakan kontraktor pelaksana dari Jalan Tol Stabat Tanjung Pura ini merupakan Anak Usaha Hutama Karya, yakni PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI), dengan pasokan material yang digunakan berasal dari PT Hakaaston (HKA) dan supplier lokal setempat. 

BACA JUGA:Siapkan Saldo e-Toll Tambahan! Sebentar Lagi Tarif Tol Dalam Kota Bakal Naik

BACA JUGA:Detik-Detik Sopir Primajasa Meninggal di Tol Cipali, Sempat Tepikan Bus untuk Selamatkan Penumpang

"Kolaborasi Hutama Karya Group dalam pembangunan jalan bebas hambatan ini adalah bukti komitmen dari kontribusi perusahaan terhadap pembangunan negeri yang inklusif," tambah Adjib. 

Kategori :