10 Tips Hadapi Ancaman Gempa Bumi Megathrust di Wilayah Jakarta, Tetap Tenang Jangan Panik!

Rabu 11-09-2024,12:54 WIB
Reporter : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

Kedelapan, ikut pelatihan atau seminar mengenai kesiapsiagaan gempa yang sering diadakan oleh pemerintah atau lembaga penanggulangan bencana terkait. Kemudian, edukasikan kembali ke keluarga dan tetangga terkait langkah-langkah yang harus diambil saat gempa terjadi.

Kesembilan, ketika menghadapi gempa coba hindari kepanikan dan berusaha untuk tetap tenang, berlindung di bawah meja untuk menghindari benda-benda yang mungkin akan jatuh dan reruntuhan di dalam gedung. Kemudian, segera keluar dari bangunan dengan tetap melindungi area bagian kepala, jangan gunakan lift dan eskalator atau sejenisnya, hal ini menghindari untuk berdiri di dekat tiang, pohon dan sumber listrik serta gedung yang roboh dan segera menuju area terbuka aman dan dataran tinggi.

Kesepuluh, pasca gempa nanti, periksa kondisi sekitar dan pastikan juga tidak ada kerusakan struktural yang dapat membahayakan. Bila ada kerusakan atau bencana tambahan ikuti instruksi dari pihak berwenang dan hindari masuk ke area yang tidak aman

Kategori :