Pengumuman! IKN Dibuka untuk Umum Mulai 16 September 2024, Begini Tata Cara Kunjungannya

Minggu 15-09-2024,15:05 WIB
Reporter : Syifa Lulu
Editor : Syifa Lulu

JAKARTA, DISWAY.ID -- Ibu Kota Nusantara (IKN) akan dibuka untuk umum mulai Senin, 16 September 2024 mendatang.

Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) resmi membuka kunjungan untuk masyarakat umum yang ini melihat langsung IKN mulai dari Plaza Seremoni hingga Taman Kusuma Bangsa Nusantara.

IKN dapat dikunjungi setiap harinya mulai tanggal 16 September 2024 pukul 09.00-17.00 WITA.

BACA JUGA:IKN Segera Miliki 60 Embung, Tampung 66.000 Meter Kubik Air Hujan

BACA JUGA:Kemenhub Lakukan Kalibrasi di Bandara IKN Sebelum Dioperasikan

Keputusan tersebut merupakan langkah OIKN bersama Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan pemangku kepentingan lain untuk memastikan pengalaman kunjungan yang nyaman dan memuaskan dari berbagai pihak.

Kendati demikian, masyarakat yang ingin berkunjung diminta melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui aplikasi IKNOW yang resmi diluncurkan.

Selain itu, pengunjung diminta untuk mengetahui tata cara kunjungan agar kondusif selama berada di IKN.

Adapun tata cara kunjungannya sebagai berikut:

  • Pengunjung wajib registrasi di aplikasi IKNOW sebelum waktu kunjungan 
  • Lokasi parkir kendaraan pengunjung berada di Rest Area IKN dan Simpang Trunen (Samping RS Hermina) termasuk titik kumpul awal masuk kunjungan ke Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP)
  • Di titik kumpul pengunjung wajib menunjukkan bukti pendaftaran IKNOW ke petugas
  • Setelah itu, pengunjung akan didampingi LO (Liason Officer) dengan perjalanan menggunakan bus listrik ke Plaza Seremoni dan Taman Kusuma Bangsa
  • Pengujung diperkenankan turun di Halte Plaza Seremoni Barat untuk mengunjungi Plaza Seremoni yang berada di sebelah timur dan Taman Kusuma Bangsa di sebelah barat.
  • Di Plaza Seremoni, pengunjung bisa menikmati fasilitas seperti Mini Amphitheater, Forest Trail, Retail Galery, dan Visitor Center.
  • Sementara itu, di Taman Kusuma Bangsa pengunjung bisa melihat bangunan penting seperti Kantor Kemenko, Istana Garuda, Istana Negara, dan Plaza Seremoni.
  • Terakhir, pengunjung bisa kembali ke Rest Area atau Simpang Trunen menggunakan kendaraan listrik yang melewati Halte Plaza Seremoni Barat.

BACA JUGA:ASN Tak Jadi Pindah ke IKN September, Menpan RB: Instruksi dari Presiden Jokowi

BACA JUGA:Titik Nol Jadi Destinasi Favorit, Pembangunan IKN Bawa Berkah Bagi Kalimantan Timur

Perlu diperhatikan, mengingat saat ini IKN masih dalam proses pembangunan dan mempertimbangkan aspek keselamatan dan kenyaman makaa jumlah pengunjung setiap harinya dibatasi hanya 300 orang per hari.

Demikian informasi terkait kunjungan masyarakat umum ke IKN yang mulai dibuka pada 16 September 2024 mendatang. Selamat mencoba!

Kategori :