Menteri PUPR Tinjau Jalan Tol 6B dan Akses Tol IKN 6C, Target Selesai Juni 2025

Senin 16-09-2024,11:22 WIB
Reporter : Ayu Novita
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Jalan Tol Ibu Kota Nusantara (IKN) Seksi 6B Outer Ring Road-Sp.ITCHI, dan akses IKN Seksi 6C Sp. ITCHI - Simpang 1B Sumbu kebangsaan Sisi Timur kawasan inti pusat pemerintah (KIPP).

Menteri Basuki atau akrab disapa Pak Bas menjelaskan bahwa progress pembangunan jalan Tol iKN seksi 6B dan Akses Tol IKN 6C sudah bagus dan rapi.

BACA JUGA:Simak Cara Daftar Kunjungan ke IKN Lewat Aplikasi IKNOW, Dibuka Hari ini!

Dalam hal ini, Pak Bas mengimbau untuk percepatan pelaksaan pembangunan jalan tol agar dapat segera dimanfaatkan. Adapun target pembangunan tol ini yakni Juni 2025.

"Sudah bagus dan rapi. Target selesai Juni 2025," tutur Pak Bas dalam keterangan tertulis pada Senin, 16 September 2024.

BACA JUGA:Jokowi Sediakan 621 Hektar Hutan di IKN Jadi Pusat Pendidikan dan Riset

Pada kesempatan yang sama, Ketua Satgas (Kasatgas) Pelaksanaan Pembangunan insfrastruktur IKN Danis H.Sumadilaga mengimbau agar Jalan Tol IKN Seksi 6B-6C dilakukan penghijauan untuk mengendalikan erosi lahan.

Pada Jalan Tol IKN Seksi 3A-3B, metode yang sukses dilakukan yaitu taplok, ada tanaman dan media tumbuhnya, plus pupuk.

“Untuk jenis tanamannya sendiri yang lebih baik adalah bunga Fidelia, karena selain memang lebih baik secara visual, pertumbuhannya rapat dan tidak membelit sekitarnya,” jelas Kasatgas Danis.

BACA JUGA:Pengumuman! IKN Dibuka untuk Umum Mulai 16 September 2024, Begini Tata Cara Kunjungannya

Kemudian, Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Pembangunan IKN 1, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur Andre Sirait menjelaskan, Jalan Tol Seksi 6B dibangun dengan panjang 5,7 km, sementara Akses Tol Seksi 6C sepanjang 5,6 km.

“Saat ini progress fisik untuk Seksi 6B adalah 41 persen dengan kontraktor pelaksana Brantas Abipraya - Bumi Karsa - CPA KSO. Sementara, untuk progress Seksi 6C adalah 77,35 persen dengan kontraktor pelaksananya PP - Waskita - YPP KSO,” jelas Andre.

“Untuk Seksi 6B, pekerjaan strukturnya sudah selesai, tinggal proses cut and fill. Kalau Seksi 6C pekerjaan strukturnya sudah 58,32 persen, dan untuk lahannya sudah 38,77 persen,” tambah Andre.

BACA JUGA:Uji Coba di Bandara IKN, Menhub Budi Karya: Mendarat dengan Lancar dan Selamat 

Adapun pada lingkup pekerjaan pada pembangunan Jalan Tol Seksi 6B dilengkapi dengan satu jembatan sepanjang 370 meter

Kategori :