Event Bunex 2024 Dorong Kopi Artisan Jadi Peluang Bisnis Kekinian yang Mendunia

Minggu 22-09-2024,12:40 WIB
Reporter : Fandi Permana
Editor : Fandi Permana

TANGERANG, DISWAY.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Perkebunan yang didukung oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menyelenggarakan Perkebunan Indonesia Expo (Bunex) untuk kali ketiga.

Bunex salah satu ajang penting dalam memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk perkebunan Indonesia.

BACA JUGA: Hadir di Bunex 2024, La Moringa Angkat Potensi Moringa untuk Ketahanan Pangan Nasional dan Internasional

Ajang Bunex kali ini, berbagai rangkaian acara disajikan yang melibatkan banyak pihak, salah satunya talkshow yang membahas Peluang Bisnis Kopi, Cokelat, dan Teh untuk Kaum Milenial Indonesia. Acara ini sangat relevan mengingat Indonesia merupakan salah satu produsen kopi terbesar di dunia dengan potensi besar di pasar global.

Dalam talkshow tersebut, Yudi Bastian, Business Development Manager Espresso Embassy Coffee Roasters sebagai pelaku industri dan ahli kopi, menyampaikan berbagai peluang-peluang pada bisnis kopi, khususnya dalam mengembangkan kopi artisan, dan model bisnis yang menarik minat kaum milenial. Topik ini penting bagi generasi millenial yang memiliki ketertarikan yang besar terhadap produk kopi berkualitas serta gaya hidup yang identik dengan “ngopi” di kafe atau coffee shop. 

Menurut Yudi, kopi artisan adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kopi yang diproduksi dengan cara yang lebih terfokus pada kualitas, keahlian, dan detail dalam setiap tahap prosesnya, mulai dari pemilihan biji kopi, metode pengolahan, hingga cara penyajiannya. 

Yudi menjelaskan ciri khas kopi artisan memiliki kualitas pilihan dari biji kopi terbaik, proses pengolahan diproses dengan cara yang lebih detail dan inovatif, seperti fermentasi alami atau metode eksperimental lainnya, memiliki profil rasa yang unik dan berkarakter, dan kopi disajikan dengan teknis khusus, sehingga sering kali menggunakan metode seduh manual.

“Mengembangkan kafe berbasis kopi artisan memiliki tantangan tersendiri, tetapi dengan strategi yang tepat, peluang usaha coffee shop bisa menjadi destinasi utama bagi para pecinta kopi,” ujar Yudi.

BACA JUGA:BUNEX 2024: Kopi, Cokelat, dan Teh Artisan Jadi Peluang Bisnis Besar Bagi Kaum Milenial

BACA JUGA:Tingkatkan Kesejahteraan Petani Cokelat, Cokelatin Indonesia Ambil Peluang Produksi Cokelat Premium

Yudi menyampaikan bahwa harus fokus pada kualitas, pengalaman pelanggan, inovasi, dan pemasaran yang efektif, kafe berbasis kopi artisan dapat berkembang menjadi bisnis yang sukses dan dikenal luas, terutama di kalangan milenial yang menghargai produk otentik dan berkualitas tinggi.

“Peluang bisnis UMKM kopi untuk kaum milenial di Indonesia sangat besar, mengingat gaya hidup milenial yang semakin lekat dengan budaya ngopi,” tutup Yudi.

Dengan adanya kreativitas dan inovasi, UMKM kopi memiliki banyak peluang untuk tumbuh dan berkembang, terutama dengan menargetkan konsumen milenial yang antusias terhadap produk kopi yang berkualitas, ramah lingkungan, dan mendukung gaya hidup modern.

Kategori :