3 Lokasi Pusat Data Nasional Diungkap Menkopolhukam: Dana Pinjaman dari Korea Selatan dan Prancis

Senin 23-09-2024,13:24 WIB
Reporter : Anisha Aprilia
Editor : Reza Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - 3 lokasi Pusat Data Nasional diungkap Menkopolhukam yang mewakili pemerintah dalam rapat kerja bersama DPR RI pada Senin 23 September 2024.

Menkopolhukam mengatakan jika Pemerintah akan membangun Pusat Data Nasional (PDN) di 3 kota, yakni Cikarang, Batam, dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Pemerintah akan membangun tiga pusat data nasional yang pertama adalah di Cikarang kemudian yang kedua adalah di Batam dan yang ketiga adalah di IKN,” kata Hadi Tjahjanto selaku Menkopolhukam di Kompleks DPR/MPR/DPD RI.

BACA JUGA:Heru Budi Bakal Diskusi dengan KPU Jakarta Siang Ini, Bahas Apa?

BACA JUGA:Siswa SMKN 5 Tangsel Mogok Belajar Buntut Dugaan Pelecehan oleh Oknum Staf Sekolah

Menkopolhukam  saat rapat bersama Komisi I DPR RI, Kominfo dan BSSN juga menyampaikan bahwa rencana pembangunan 3 PDN ini akan dilakukan dengan skema pinjaman dari Korea Selatan dan Prancis.

“Untuk mengelola PDN ini akan dibentuk BLU (Badan Layanan Umum) di bawah Kominfo yang pengajuannya sudah disetujui oleh PAN RB,” jelasnya.

Sementara itu, lanjut Hadi, untuk pembangunan PDN di Batam, otoritas Batam telah menyiapkan lokasi tanahnya.

BACA JUGA:Harga Tiket Fan Meeting Lee Je Hoon Jakarta 16 November 2024, Termurah Rp1 Juta

BACA JUGA:Chelsea dan Manchester United Bersaing Rekrut Castello Lukeba, Pemain Bintang RB Leipzig ke Real Madrid?

"Rencananya akan memanfaatkan soft loan dari pemerintah Korsel dan pada saat ini masih dalam proses penentuan konsultan pengawas. Kemungkinan dalam Minggu ini dari Polhukam akan memanggil otorita Batam untuk melakukan koordinasi terkait penempatan cold site yang paling aman di wilayah Batam," imbuhnya.

Selanjutnya, untuk di PDN ketiga, pemerintah telah menyiapkan lokasinya di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Kemungkinan Minggu ini juga akan kami panggil untuk bisa menentukan dimana letaknya agar kami bisa mempersiapkan untuk pembangunan selanjutnya," tutupnya.

Kategori :