Pencapaian Perjalanan 79 Tahun, KAI Berhasil Selesaikan LRT Jabodebek hingga Kereta Cepat Whoosh

Senin 30-09-2024,20:53 WIB
Reporter : Sabrina Hutajulu
Editor : M. Ichsan

JAKARTA, DISWAY.ID-- KAI kini memperingati hari ulang tahunnya yang ke-79. Pada peringatan HUT kali ini, KAI mengangkat tema “Safety and Sustainability.” 

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan bahwasanya tema tersebut melambangkan tekad KAI untuk terus berkomitmen menjaga keselamatan dan mendorong keberlanjutan bisnis yang memperhatikan aspek ESG (Environment, Social, and Governance).

BACA JUGA:Memasuki Usia ke-79, Kebersihan Stasiun di Indonesia Tuai Pujian, KAI: Komitmen jadi Central of Services

BACA JUGA:Suswono Usulkan Penanganan Premanisme di Jakarta Mengambil Contoh Transformasi PT KAI

“Keselamatan dan keberlanjutan merupakan dua elemen yang saling terkait dalam mendukung kemajuan KAI Group. Dengan membangun budaya keselamatan yang kuat, keberlanjutan di masa depan otomatis akan tercapai,” ujar Didiek Hartantyo Senin 30 September 2024.

Selain berfokus pada keselamatan kata Didiek, KAI juga terus mendukung keberlanjutan melalui langkah-langkah konkret termasuk diantaranya instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di beberapa stasiun dan fasilitas operasional lainnya. 

"Langkah ini tidak hanya mengurangi jejak karbon, tetapi juga memberikan kontribusi nyata terhadap pengurangan penggunaan energi konvensional," lanjut Didiek.

Lebih lanjut, KAI terus meningkatkan layanan yang ramah lingkungan dan hemat biaya bagi penumpang. 

BACA JUGA:KAI Gelar Tabur Bunga, Kenang Jasa Pahlawan di Momen HUT ke-79

BACA JUGA:KAI Sesuaikan Jadwal LRT Jabodebek Jadi 348 Perjalanan di Hari Kerja

Salah satunya adalah penyediaan air minum gratis di beberapa stasiun kereta api, sehingga penumpang tidak perlu membeli air kemasan plastik, yang tidak hanya lebih ekonomis tetapi juga membantu mengurangi limbah plastik.

“Dengan menyediakan fasilitas air minum gratis, penumpang bisa menikmati perjalanan dengan lebih nyaman, sekaligus mendukung upaya pengurangan sampah plastik,” tambah Didiek.

Memasuki usia ke-79, KAI telah mencapai berbagai pencapaian, termasuk penyelesaian dua Proyek Strategis Nasional (PSN), yaitu LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. 

KAI juga terus melakukan transformasi dari berbagai aspek melalui investasi berkelanjutan yang bertujuan memberikan kesejahteraan bagi pekerja.

Seperti renovasi griya karya, pembangunan rumah singgah, pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di stasiun dan balai yasa dengan harapan dapat memberikan fasilitas dan kenyamanan bagi pekerja serta mendukung implementasi ESG.

Kategori :