Dukung Peparnas XVII di Solo, Transjakarta Kirim 10 Unit Bus Low Entry

Rabu 02-10-2024,15:58 WIB
Reporter : Candra Pratama
Editor : Khomsurijal W

JAKARTA, DISWAY.ID-- Demi sukseskan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII tahun 2024 di Solo, Jawa Tengah pada 6-13 Oktober 2024, Transjakarta memberi dukungan dengan mengirimkan 10 unit bus dan 36 personil Transjakarta ke Solo.

Kepala Departemen Humas dan CSR PT Transjakarta, Ayu Wardhani mengatakan bahwa semua bus yang dikirimkan merupakan bus dengan tipe Low Entry yang designnya ramah digunakan oleh disabilitas. Terutama pengguna kursi roda.

Bus untuk Peparnas 2024 tersebut memiliki berbagai keunggulan seperti tinggi pada pintu kenaikan dan penurunan yang bisa diatur sejajar dengan area pendestrian atau trotoar.

BACA JUGA:Targetkan Posisi 5 Besar, Sekda Joko Lepas Keberangkatan Kontingen DKI PEPARNAS XVII

Bus itu juga dilengkapi dengan bidang miring yang dipasang sebagai pengganti tangga atau ramp. Bus low entry memiliki kapasitas maksimal 62 orang, dan bisa mengakomodir 6 pengguna kursi roda.

"Tipe bus yang digunakan memiliki lantai rendah sehingga memudahkan pelanggan disabilitas untuk keluar masuk bus dengan nyaman. Kami berharap, para atlet bisa lebih nyaman selama menggunakan bus Transjakarta di acara Peparnas," ujar Ayu dalam keterangan yang diterima Selasa, 1 Oktober 2024.

Bus-bus Low Entry itu, lanjut Ayu, akan menjadi moda transportasi yang digunakan oleh para atlet mulai 1-15 Oktober 2024.

"Transjakarta bersama Pemprov DKI Jakarta sangat senang bisa ambil bagian dalam perhelatan acara ini.Selamat bertanding untuk para atlet, dan mari menebar semangat positif bersama Transjakarta," tukasnya.

Sebagai informasi, Peparnas XVII 2024 akan dilaksanakan pada 6-13 Oktober 2024.

BACA JUGA:Kemenpora Gelontorkan Dana Rp 290 Miliar untuk Peparnas 2024

Dalam kejuaraan itu, nantinya akan mempertandingkan 20 cabang olahraga. Kota Solo bersama dengan Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Karanganyar akan kedatangan 4.625 atlet dan ofisial serta ribuan pendukung dari 34 provinsi.

Diketahui, prosesi upacara pembukaan Peparnas XVII Solo 2024 akan dilaksanakan pada 6 Oktober 2024 di Stadion Manahan, Solo.

Sementara itu, prosesi penutupan upacara akan diselenggarakan pada 13 Oktober 2024 di lokasi yang sama.

Olahraga yang akan dipertandingkan pada gelaran itu sekitar 20 cabang. Yakni para bulu tangkis, para catur, para renang, voli duduk, anggar kursi roda, para tenis meja, para panahan, judo tunanetra, para menembak, para angkat berat, para atletik, para balap sepeda, boccia, para taekwondo, tenpin bowling, sepak bola CP, goalball, tenis kursi roda, basket kursi roda dan para e-sport.

Kategori :