Mengenal Rehabilitasi Kardiovaskular, Tahapan Penting Usai Kateterisasi dan Pasang Ring Jantung

Kamis 03-10-2024,18:20 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID – Bagi pasien jantung yang baru saja melakukan pemasangan ring atau tindakan bedah jantung, sebaiknya mengenal lebih jauh tentang rehabilitasi kardiovaskular atau cardiac rehabilitation (CR).

Itu adalah proses yang penting setelah kateterisasi jantung, tindakan bedah jantung, pemasangan ring bahkan alat pacu jantung permanen (PPM), termasuk penanganan gagal jantung kongestif (CHF).

Tujuan utama dari CR adalah membantu pasien pulih dengan cepat dan efektif, meningkatkan kualitas hidup, dan mencegah masalah kesehatan di masa depan. Proses ini melibatkan tim medis multidisiplin yang bekerja sama untuk menyediakan perawatan yang menyeluruh.

BACA JUGA:15 Link Twibbon Hari Jantung Sedunia 2024 Gratis Lengkap Cara Pakainya, Cocok Share di Media Sosial!

Ahli Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Prof. Dr.dr. Budhi Setianto, Sp.JP, Subsp.PRKv(K), dokter spesialis jantung dan pembuluh darah; subspesialis preventif-rehabilitasi kardiovaskular (konsultan) RS Siloam Jantung Diagram Cinere menjelaskan bagaimana berbagai spesialis bekerja sama dalam CR dan menguraikan beberapa konsep penting yang mendukung rehabilitasi.

“Rehabilitasi kardiovaskular adalah proses yang kompleks namun sangat penting untuk pemulihan pasien setelah prosedur jantung. Dengan melibatkan berbagai spesialis, mulai dari spesialis kedokteran fisik dan rehabiltasi medis, kardiolog, psikolog/psikiater hingga nutrisionis. Tim medis ini dapat memberikan perawatan yang ekliktik, holistik dan terkoordinasi. Setiap anggota tim memiliki peran unik, spesifik namun saling melengkapi, memastikan bahwa semua aspek kesehatan pasien - baik fisik, mental, spiritual maupun sosiokultural - mendapat perhatian yang layak,” katanya kepada wartawan.

BACA JUGA:10 Twibbon dan Ucapan Hari Jantung Sedunia 2024, Rayakan Peringatan dengan Desain Menarik!

Pengertian Rehabilitasi Kardiovaskular

Rehabilitasi kardiovaskular atau cardiac rehabilitation (CR) adalah program perawatan yang dirancang untuk membantu pasien yang baru saja menjalani prosedur bedah/intervensi jantung atau pascarawat gagal jantung.

Program ini biasanya mencakup pemantauan medis, latihan fisik, nutrisi sehat, dukungan mental, dan pendidikan kesehatan.

Tujuan dari CR adalah untuk memperbaiki kesehatan jantung, meningkatkan stamina, dan membantu pasien kembali ke aktivitas sehari-hari mereka dengan aman dan berkelanjutan.

Tujuan Rehabilitasi Kardiovaskular

Berikut merupakan beberapa tujuan dari CR yang dapat diketahui:

1. Meningkatkan Fungsi Jantung: Program CR bertujuan untuk memperbaiki fungsi jantung melalui latihan fisik yang aman dan efektif. Latihan ini membantu jantung untuk menjadi lebih kuat dan efisien dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

2. Mengurangi Faktor Risiko Penyakit Jantung: Dengan mengadopsi gaya hidup sehat, termasuk diet yang seimbang dan aktivitas fisik rutin, CR membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti hipertensi, diabetes, dan kadar kolesterol yang tinggi serta upaya berhenti merokok.

3. Meningkatkan Kualitas Hidup: Program CR tidak hanya fokus pada perbaikan fisik, tetapi juga menyangkut kesehatan mental, emosional pasien. Memberikan dukungan mental, spiritual dengan manajemen stres guna membantu pasien merasa lebih nyaman, bahagia dan merasa lebih sehat secara keseluruhan.

Kategori :