Visi Misi Pramono-Rano di Debat Pilkada Jakarta Realistis dan Punya Sasaran yang Jelas

Senin 07-10-2024,08:34 WIB
Reporter : Anisha Aprilia
Editor : Subroto Dwi Nugroho

JAKARTA, DISWAY.ID -- Pakar Kebijakan Publik, Andriof Chaniago, menyebut pasangan Pramono Anung-Rano Karno memiliki visi-misi yang cukup jelas dan realistis di debat pilkada Jakarta.

Dalam debat pilkada Jakarta,  Andriof menilai paslon 3 juga memiliki kelompok sasaran yang jelas.

"Dua paslon (pasangan calon) cukup jelas dan realistis visi misinya, yaitu paslon 1 dan paslon 3," kata Andrinof, Jakarta, Senin 7, Oktober 2024.

BACA JUGA:Solusi Promono Atasi Kemacetan di Jakarta, Adakan TransJabodetabek Bila Perlu Sampai Puncak dan Cianjur

BACA JUGA:Pramono Janji Akan Bangun Balai Rakyat untuk Tingkatkan SDM Jakarta

"Tetapi paslon 3 (Pramono Anung-Rano Karno) memiliki kelompok-kelompok sasaran yang lebih jelas," jelasnya.

Terkait pernyataan pasangan Pramono-Rano mengenai penyediaan lapangan kerja, menurut Andrinof, pendekatan dualistik tetap harus dipakai untuk meningkatkan hasil pembangunan yaitu memberi ruang bagi masyarakat untuk berkreasi namun pemerintah Jakarta dan aparatnya harus aktif memberdayakan warga.

"Desentralisasi dan pendekatan bottom up tidak bisa dijadikan pendekatan dominan. Kombinasi dengan pendekatan mengedukasi dan memberi arahan tetap diperlukan," ujarnya.

Sebelumnya, Pramono Anung dalam debat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta mengatakan akan memberikan pelatihan untuk berkreasi kepada Gen Z karena potensi ekonomi kreatif mereka sangat besar.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Akhiri Debat Perdana Pilkada Jakarta dengan Nyanyian dan Pelukan Hangat dari Atalia

BACA JUGA:Ganjil Genap Jakarta Hari Ini 7 Oktober 2024, Cek 25 Titik Ruas Jalan

Menurut Pramono, potensi ekonomi kreatif Gen Z harus ditimbulkan dan mereka harus bekerja berdasarkan passion mereka. Untuk itu, para Gen Z harus dilatih untuk berkreasi.

"Mereka harus dilatih untuk berkreasi maka kami lebih menawarkan cara-cara untuk mereka berkembang dengan apa yang dimiliki oleh mereka," ucap Pramono.

Pramono pun membayangkan bagaimana jika para Gen Z dilibatkan dari kegiatan-kegiatan ekonomi kreatif mulai dari hal-hal yang kecil akan menjadi hal yang luar biasa.

"Itu akan menjadi sesuatu income atau pendapatan baru bagi para Gen Z di manapun para Gen Z itu berada" ucap Pramono.

Kategori :